Andi Jab: Akreditasi Labkes Tinggal Tunggu Hasil

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Andi Jab: Akreditasi Labkes Tinggal Tunggu Hasil

SANGGAU, BRP - Berjalan tiga bulan dilantik sebagaii Kepala Unit laboratorium kesehatan provinsi Kalimantan Barat, dr. Ferawaty Ginting, Mph melakukan terobosan dengan membenahi beberapa ruangan unit laboratorium yang sebelumnya tidak layak ditempati kini menjadi indah di pandang mata.

Dokter Ferawaty terus berupaya bagaimana unit laboratorium yang dipimpinannya tersebut mendapat akreditasi dari kementerian kesehatan RI.

“Laboratorium kesehatan, yang paling utama itu adalah akreditasi,” ujar dr. Fera ketika ditemui usai apel Hari Kesehatan Nasional (HKN)  di Sanggau Selasa (14/11/2017) lalu.

Akreditasi laboratorium menurut penuturan dr. Ferawaty, itu ada dua, yang pertama Komisi Akeditasi Nasional (KAN) yang saat ini lagi di tunggu sertifikatnya dan Komisi Akreditasi Laboratorium Kesehatan (KALK)  tahun depan rencana dilaksanakan penyelenggara dari kementerian kesehatan.

“Sekarang ini kita meningkatkan mutu pelayanan sehingga bisa di tingkatkan kembali baik dalam segi sumber daya manusianya dan kinerjanya serta peralatan laboratorium dan ini butuh dukungan dari dinas kesehatan provinsi Kalimantan Barat,” tegasnya.

Ditempat yang sama, kepala dinas kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Andi Jap di sela-sela acara HKN di Sanggau mengaku bahwa labkesda sudah dilakukan penilaian akreditasi tinggal menunggu hasilnya. Jadi memang puskesmas dan layanan rumah sakit termasuk labkes sudah harus akreditasi.

Pemprov sendiri sudah mengharapkan ke depan bisa memprioritaskan kelengkapan-kelengkapan labkesda tersebut. Tetapi nanti sifatnya bukan seperti labkes perorangan atau labkes sewasta.  Kalau labkesda ini sifatnya ke arah kesehatan masyarakat.

“ Labkesda sudah di bahas dan di setujui mungkin tahun 2019 sudah masuk,” jelas Andi Jab.

Oleh: Redaksi Betang Raya Post Firmus