Anggota DPRD Sanggau, Edi: Rakyat Sekayam Raya Dukung Pelebaran Jalan Nasional

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Anggota DPRD Sanggau, Edi: Rakyat Sekayam Raya Dukung Pelebaran Jalan Nasional

ENTIKONG, BRP -  Anggota DPRD Sanggau, Edi Emilianus mengatakan, pada prinsipnya masyarakat yang terkena dampak pelebaran Jalan Entikong - Balai Karangan - Kembayan mendukung program pemerintah melakukan pelebaran jalan nasional tersebut, walaupun ada sebagian yang mengaku keberatan.

Keberatan itu, dijelaskan Edi, bangunan dan tanah dibayar hanya terkena dampak pembangunan pelebaran jalan. Sedangkan bangunan dan tanah bagian dari dampak pembangunan tersebut tidak dibayar walaupun tidak dapat dimanfaatkan lagi.

Keberatan itu sesuai dengan hasil sosialisasi Tim Pelaksana Pengadaan Tanah yang diikuti masyarakat terdampak pembangunan pada 14 Oktober 2016 di gedung Vega Kecamatan Entikong.

Kata Edi, tim tersebut menyampaikan kepada masyarakat pelebaran Jalan Entikong-Balai Karangan sekitar 22 kilometer dengan lebar 50 meter, dimana dalam pelebaran jalan tersebut apabila ada tanam tumbuh, tanah dan bangunan yang kena dampak pembangunan maka pemerintah akan mengganti secara keseluruhan.

Masih berdasarkan hasil sosialsiasi tim itu, sambung Edi, untuk perhitungan nilai bangunan akan dinilai sesuai dengan klasifikasi yakni permanen, semi permanen, sederhana, pagar, bronjong, rumah yang kena dampak pembangunan akan dinilai.

“Itu sesuai dengan UU Nomor 2 Tahun 2012 tentang pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum pasal 35 yang dijabarkan melalui Peraturan Presiden RI Nomor 71 tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Pengadaan Tanah bagi Pembangunan untuk Kepentingan Umum,”jelas Edi.

Redaksi Betang Raya Post