Ayo Kita Siap Sukseskan Pemilu

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Ayo Kita Siap Sukseskan Pemilu

PANWASLU AJAK SELURUH ELEMEN TURUT BERPARTISIPASI DALAM PENGAWASAN PEMILU

SEKADAU, BRP - Sesuai UU nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu dan PKPU nomor 1 tahun 2017 tentang tahapan pemilu, Panwaslu kabupaten sekadau terus berupaya mensosialisasikan tahapan demi tahapan demi kelancaran pelaksanaan pemilu mendatang.

Bertempat di Aula Vinca Borneo hotel jalan mawar sekadau hilir, panwaslu sosialisasikan pengawasan pemilu partisipatif kepada 36 pelajar dari 6 sekolah sebagai calon pemilih pemula untuk berpartisipasi.

Selain memacu pemilih pemula berpartisipasi dalam pengawasan, pihak Panwas juga akan melakukan pojok pengawasan yang berfungsi sebagai wadah pengaduan pelaksanaan pemilu.

" Landasan kita, UUD 1945 pasal 22 ayat e, yang mana setiap warga negara wajib terlibat dalam pelaksanaan pemilu, baik sebagai objek maupun subjek ". Ujar Al Aminuddin SH, Divisi penindakan pelanggaran kepada awak media. Kamis, 16/11/17.

Bukan hanya itu, kegiatan yang dilaksanakan juga bertujuan untuk mensosialisasikan tata cara dalam pelaksanaan, pengawasan dan menindak pelanggaran dalam pemilu.

" kita berharap, adik- adik pelajar pemilih pemula juga dapat berperan aktif dalam mengawasi dan melaporkan penyimpangan disertai bukti dan saksi supaya dapat ditindak lanjuti pihak panwas ". Tambah Tiodorus Sutet, Koordinator divisi pencegahan dan hubungan antar lembaga panwaslu kabupaten sekadau ditempat yang sama.

Hal senada juga diharapkan , Kepala sekretariat panwaslu, Paskalis Rikardus, menyampaikan harapannya pemilu mendatang dapat berjalan sukses, terbuka, jujur, adil dan bersih tanpa pelanggaran.

" kita inginkan pemilu berjalan secara demokratis ". Ucapnya singkat.

Sementara itu, salah satu perwakilan pelajar, Ayu Astuti siswa SMK N 1 sekadau hilir peserta kegiatan menyampaikan kalau banyak sekali pengetahuan yang kami terima baik itu dalam pengawasan, kode etik, pelaksanaan dan partisipatif setiap warga negara peserta pemilu.

" Jangan takut menjadi pengawas dalam pemilu, mari berpartisipasi ". Ajaknya.

Sesuai jadwal, besok ditempat yang sama, panwaslu kabupaten juga akan melaksanakan sosialisasi kepada tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama dan elemen masyarakat.

Oleh : Robiantinus Hermanto