Karolin Bersama Rakyat Membangun

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Karolin Bersama Rakyat Membangun

Dari Landak Untuk Indonesia
Ini Penampakan Padi Palawakng KMN setelah dipanen


LANDAK, BRP - Meski terik matahari menyengat, semangat tinggi ditunjukan anggota kelompok tani Sinedes beserta tim dari DPPKP Kabupaten Landak yang pada kesempatan itu dipimpin oleh Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura, Everafat, SP.

Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) Kabupaten Landak melaksanakan panen Padi Palawakng Kualitas Mutu Nasional (KMN) di Dusun Oto Ledang, Desa Keranji Paidang, Kecamatan Sengah Temila Kabupaten Landak, Selasa (21/11).

"Hari ini kami panen padi palawakng KMN Salon Gaeng dan Balacant. Ini adalah salah satu lokasi pelestarian plasma nutfah kami," tutur Everafat usai kegiatan digelar.

Everafat juga menyebutkan hasil panen tiga jenis padi palawakng KMN tersebut akan dikirim ke Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) di Jakarta untuk diperiksa rekayasa generiknya. Dia juga menambahkan tujuan dilaksanakannya program tersebut adalah memperpendek usia tanaman padi palawakng KMN serta meningkatkan produktivitas tanaman tersebut.

"Sementara ini, nanti padi ini kita kerja samakan dengan Batan supaya kita dapat varian-varian yang cocok, yang sama dengan induknya tapi umurnya lebih pendek dan hasilnya lebih banyak atau meningkat dari sebelumnya," ungkap Everafat.

Sejak ditetapkannya ketiga jenis padi palawakng KMN sebagai varietas lokal Kabupaten Landak oleh Pusat Perlindungan dan Varietas Tanaman dan Perizinan Tanaman Kementerian Pertanian Indonesia pada 25 September yang lalu, Dinas PPKP berupaya melakukan peningkatan poduktifitas varietas lokalnl tersebut. 

Keunggulan dari varietas lokal ini adalah aromatik serta ketiga jenis padi palawakng KMN ini memiliki keunikan yang berbeda yakni padi palawakng salon KMN memiliki tangkai padi seperti bunga yang sudah mekar, sedangkan Padi Palawakng Gaeng KMN bulirnya menyerupai bulan sabit dan Padi Balawakng Balacant KMN bulir padinya berwarna ungu dan aromanya menyerupai bau kemenyan.

Oleh: Redaksi Betang Raya Post