Petani Tuntut PT KGP: Kompol Ricky Pimpin Langsung Pengamanan Sidang di PN Sanggau

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Petani Tuntut PT KGP: Kompol Ricky Pimpin Langsung Pengamanan Sidang di PN Sanggau

Kabagops : Bedakan pola pam dalam pelayanan aksi masyarakat.

SANGGAU, BRP - Kabagops Polres Sanggau Kompol Ricky terlibat secara  langsung dalam pengamanan aksi masyarakat Desa Sanjan Kecamatan Tayan Hulu dalam sidang gugatan perdata antara Masyarakat dengan PT. KGP di Pengadilan Negeri Sanggau yang di gelar sejak pukul 09.00 pagi.

Perwira menengah yang murah senyum dan bersahabat berkeliling diluar pengadilan dan sesekali berbicara dgn personilnya agar melaksanakan tugas dgn sebaik baiknya.
Bahkan Kabagops terlihat begitu akrab dgn kaum ibu yg hadir di persidangan tersebut serta dgn tidak segan turut duduk dan terlihat asyik mengobrol dangan sesekali terdengar tawa ibu ibu petani sawit.

"Sebagai pengendali kegiatan pengamanan, kita harus cerdas dalam memposisikan diri ketika melaksanakan tugas seperti pengamanan aksi-aksi masyarakat, lihat momennya dan bedakan cara bertindaknya. Semakin humanis,  maka akan semakin menumbuhkan kepercayaan masyarakat kepada kita,"tutur Rickypada kesempatan yang sama ketika ditanya oleh wartawan.

Diterangkan oleh Kompol Ricky bahwa Cara bertindak Polri dalam mengamankan aksi-aksi masyarakat harus diawali dengan kegiatan kegiatan yang bersifat preemtif dan mengayomi termasuk didalamnya adalah larangan-larangan membawa atau menggunakan sajam atau senpi, batu, kayu, botol minuman dan lain lain.

Kemudian tetap dilakukan SOP Pengamanan di pengadilan atau tempat lainnya dengan melakukan pemeriksaan badan apakah larangan tadi dipatuhi atau tidak oleh masyarakat.

Aksi masyarakat berlangsung tertib dan membubarkan diri pada pukul 11.30 wib.
Kabagops memerintahkan personil yang bertugas untuk membagikan minuman mineral.

"Kasihan ini cuacanya panas dan mereka menempuh jarak yang jauh untuk pulang ke desanya di Tayan hulu,"tuturnya sambil tersenyum.

Oleh: Redaksi Betang Raya Post Firmus