Masyarakat Diminta Aktif Dalam Pengawasan Pemilu

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Masyarakat Diminta Aktif Dalam Pengawasan Pemilu

SANGGAU, BRP - Panwaslu Kabupaten Sanggau menggelar Rapat Kordinasi Sosialisasi Pengawasan Partisipatif bersama Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Sanggau di Hotel Emerald Sanggau. (14/11/17).

Acara dibuka oleh Ketua Panwaslu Kabupaten Sanggau, Inosensius. SE. Dalam pidatonya, beliau berharap dengan diadakan rakor ini, Panwascam bisa mendorong dan mengajak masyarakat agar mesyarakat juga berpartisipasi dalam pengawasan pemilu terkait keterbatasan subjektif dan objektif Panwaslu.

Kegiatan ini juga menghadirkan narasumber Antonius selaku Kepala Kantor KESBANGPOLINMAS. Dalam penjelasan materinya, beliau menyampaikan bahwa syarat mutlak dalam menghadapi pesta demokrasi di tahun 2018, daerah harus dalam keadaan aman dan kondusif demi terwujudnya pilkada yang tertib. Hal ini dapat diwujudkan dengan saling menjaga toleransi antar umat beragama, golongan, suku, dan ormas yang ada.

"Ini sangat penting agar Panwaslu Kecamatan Se-Kabupaten Sanggau mengetahui dan diarahkan dalam melakukan pengawasan pilkada kedepan serta mengantisipasi kecurangan dan konflik yang rentan terjadi. Dengan diadakannya rakor ini Pansawlu Kecamatan Se-Kabupaten Sanggau dapat memberikan bimbingan kepada masyarakat agar ikut aktif berpartisipasi dalam pengawasan pemilu". Tutur Antonius Toni, Panwaslu Kecamatan Kembayan yang merupakan salah satu peserta kegiatan ini.

Oleh: Thedorus Kurniawan
Editor: Agustinus Andi