Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Pertemuan Kapusin Muda: Gunakan Medsos Sarana Penyebaran Kabar Gembira

NYARUMKOP, BRP - Imam Muda Kapusin (ImudKap) menggelar study bersama mengenai pandangan gereja katolik terhadap media sosial dan rencana kegiatan Kapusin Camp ke 4 selama 3 hari, sejak tanggal 9 hingga 11 November 2017 di Nyarumkop, Singkawang Keuskupan Agung Pontianak.

"Kami berkumpul untuk studi bersama mengenai pandangan Gereja Katolik terhadap Media Sosial,"ungkap Pastor Gabriel Marsel OFM Cap, Minggu, (12/11/2017) melalui media sosial miliknya.

Kepada wartawan ia menerangkan, pemateri dalam pertemuan tersebut adalah Pastor Julius Lingga, OFM Cap yang juga sebagai sekretaris provinsi Kapusin Pontianak.

"Julius Lingga baru saja menyelesaikan studinya di bidang Liturgi di Filipina dan sekaligus mendalami bidang Komunikasi,"kata Pastor Gabriel Marsel OFM Cap.

Dalam pemaparannya, dengan gaya santai dan mengajak untuk berpikir bersama atas fenomena dan realita media sosial yang lebih merupakan tantangan dan peluang untuk pewartaan nilai-nilai kabar gembira Tuhan  Yesus Kristus.

"Gunakan Medsos untuk misi luhur dan bukan sekedar untuk "up load" gambar dan selfie,"pesannya.

Perlu dipikirkan membuat Medsos untuk menyebarkan nilai-nilai positif  demi "menaklukkan" hoak yang palsu yang selalu menimbulkan perpecahan.

"Tindak lanjut dari studi bersama ini akan diteruskan dalam pertemuan lain untuk merancang site-site di wilayah tugas dan pelayanan para Kapusin Muda untuk share "Good News" untuk "bonum commume", kebaikan bersama dan kokohkan "communio", persekutuan umat beriman,"tutur Pastor Gabriel Marsel OFMCap.

Kegiatan ditutup dengan rangkaian misa bersama para siswa dan siswi persekolahan Nyarumkop.

Dalam pertemuan yang sama dibicarakan tentang Capuchin's Camp 4 dengan mengusung tema, sukacita sejati.

Setelah rangkaian kegiatan selesai para saudara muda Kapusin kembali ke tempat tugasnya masing-masing.

"Tentu kegiatan seperti ini sungguh ditunggu oleh semua saudara muda kapusin untuk ajang bertemu dan meneguhkan satu sama lain,"ucapnya.

Ketua ImudKap, Pastor Lorenzo, OFM Cap, menghimbau agar para saudara muda Kapusin memperhatikan dan mencatat agenda ini dalam jadwal kerja agar semuanya berjalan baik.

Pace e bene, oleh Pastor Gabriel Marcel, OFM Cap.

Oleh: Tato Jurnalisio