Selamat Datang dan Tugas di Kalbar

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Selamat Datang dan Tugas di Kalbar

Gubernur Cornelis Semangati Letkol Mar. Yustinus R.
Kini Kalbar Punya Batalyon Marinir XII 

PONTIANAK, BRP - Gubernur Kalbar Cornelis sebelum memasuki tenda kehormatan dalam upacara peresmian Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan XII (Yonmarhanlan) Jaguar Yudha, di Alun-alun Kapuas Pontianak, Selasa (28/11). Terlihat menemui seorang Perwira Marinir yang memegang tongkat komando. Perwira itu sikap sempurna memberi hormat kepada Gubernur Cornelis bersama Komandan Pasukan Marinir Mayjen TNI Marinir Bambang Suswantono yang didampingi beberapa petinggi corp baret ungu tersebut. Cornelis terlihat berbicara serius kepada perwira berpangkat Letnan Kolonel itu. 

Akrab dan penuh kekeluargaan, terlihat wajah bangga keduanya, pertemuan penuh haru dan emosional, sehingga sang perwira hanya menunduk seperti sedang mendengar wejangan orang tuanya. Sang Gubernur sangat bangga dengan salah satu putera Kalbar yang belakangan diketahui bernama Yustinus Rudiman, kelahiran Sambas 1976. Yustinus adalah alumni persekolahan Nyarumkop Singkawang, sebelum masuk akademi angkatan laut tahun 1998. Saat ini Yustinus menjabat Komandan Pangkalan Angkatan Laut Cirebon. 

Saking bangganya, Cornelis terlihat beberapa kali menyentuh pangkat sang perwira, Cornelis yang juga Presiden Majelis Adat Dayak Nasional (MADN) itu sepertinya ingin perwira muda berdarah Dayak asli Kalimantan Barat suatu saat juga menjadi seorang jenderal.

Pagi itu, dentuman meriam milik Batalyon Pertahanan Marinir  menggetarkan suasana. Iringan kendaraan lapis baja gagah menderu, lambaian siswa siswi diatasnya melintasi tenda kehormatan, demikian juga parade pasukan Marinir yang akan bertugas menjaga Keamanan Laut di Kalimantan Barat, gagah dengan langkah tegapnya menuju daerah persiapan upacara. 

Bertindak sebagai inspektur upacara peresmian Yonmarhanlan XII Jaguar Yudha Pontianak, Komandan Koprs Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono. Jenderal Bintang dua itu mengukuhkan Mayor Marinir Eko Budi Prasetyo yang sebelumnya Dikenal USMC CMD dan Staf Collage di USA tersebutsebagai komandan Yonmarhanlan XII Pontianak. Ditandai dengan penyerahan tunggul Batalyon dan penandatanganan surat keputusan. 

Turut hadir Walikota Pontianak Sutarmidji, Bupati Landak dr. Karolin Margret Natasa, dan bupati dan walikota serta tokoh adat di Kalbar, Danlantamal XII Pontianak Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, Dan Pasmar 2 Brigjen (Mar) Nur Alamsyah, Dan Lanud Supadio Pontianak Marsma TNI Minggit Tribowo dan Dansat Brimob Polda Kalbar Kombes Pol H T Agus Tri Heriyanto. Serta tamu undangan lainnya.

Sebelum upacara peresmian Yonmarhanlan XII Pontianak digelar kirab pasukan marinir dan sejumlah kendaraan tempur dan kendaraan taktis milik Marinir dan TNI AL, beberapa pasukan dari Paskhas, TNI AD, Polda Kalbar, Satpol PP dan Pramuka Pontianak mengikuti upacara tersebut.

Seperti dijelaskan Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono, Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) XII/PTK adalah satuan pelaksana Pasukan Marinir 2 yang bertugas membina dan menyiapkan kekuatan serta kemampuan unsur-unsur pertahanan pangkalan dan menyelenggarakan tugas-tugas pengamanan pangkalan utama Angkatan Laut di wilayah Lantamal, pembinaan Satuan Yonmarhanlan merupakan tugas dan tanggung jawab Pasmar-2, namun dalam penyelenggaraan operasinya melaksanakan tugas-tugas-tugas dari Lantamal masing-masing. 

Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan XII/Pontianak memiliki posisi startegis, berada di perbatasan langsung dengan negara Malaysia sehingga membutuhkan personel yang handal dan tangguh untuk mendukung serta menjamin stabilitas pertahanan dan keamanan wilayah Provinsi Kalimantan Barat.

Oleh Firmus
Sumber Humas Pemprov Kalbar HK