Donor Darah di Parindu Sukses

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Donor Darah di Parindu Sukses


PARINDU, BRP - Dalam rangka perayaan Natal bersama masyarakat, Gereja Bhethel Indonesia (GBI) Peace Center Pusat Damai Kecamatan Parindu Kabupaten Sanggauk mengadakan kegiatan amal donor darah. Kegiatan ini  Bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sanggau dalam program “Safari Natal Berdonor Tahun 2017” dengan tema Membangun Masyarakat Sanggau  Menjadi Tangguh dan Manusiawi. Program ini adalah  upaya PMI Kabupaten Sanggau untuk  mengantisipasi kekurangan stok darah Desember 2017 dan Januari 2018. (6/12/17)

Kegiatan donor darah ini cukup mendapat animo masyarakat dan berhasil mengumpulkan dua puluh lima kantung darah dari  dari tiga puluh peserta yang mendaftar. “Ada lima partisipan yang memiliki tegangan darah rendah jadi tidak bisa mendonor.” tutur Urbanus, Kepala Markas PMI Kabupaten Sanggau.

“Ini merupakan kegiatan ketiga kalinya, GBI Peace Center Pusat Damai menyelenggarakan  donor darah bersama PMI Kabupaten Sanggau.” tutur Pdt. Royke Sambeka selaku Pendeta Gembala Sidang GBI Peace Center Pusat Damai. Beliau juga berharap agar kegiatan seperti ini lebih diminati oleh masyarakat agar banyak orang yang tertolong. Dalam Kesempatan ini beliau juga menyampaikan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada seluruh lapisan masyarakat Pusat Damai serta jemaat GBI Peace Center dan Pihak PMI Kab Sanggau yang telah menyukseskan kegiatan ini.

Ada beberapa manfaat dari donor darah seperti mengurangi resiko hemocromatosis yaitu suatu kondisi kesehatan dimana seseorang mengalami kelebihan penyerapan zat besi oleh tubuh. Donor juga dapat membantu menurunkan resiko kanker karna zat besi di dalam tubuh akan dipertahankan pada tingkat yang sehat. Donor darah juga mengurangi resiko penyakit jantung dan hati yang disebabkan oleh kelebihan zat besi dalam tubuh. Donor darah yang teratur dapat mengurangi berat badan pendonor dan setelah mendonorkan darah, tubuh akan bekerja untuk mengisi kembali darah yang telah dikeluarkan. Hal ini justru baik karena akan merangsang produksi sel – sel darah baru dan pada gilirannya membantu menjaga kesehatan yang baik. [referensi : tipscaramanfaat.com]

“ Tuhan menciptakan manusia agar saling menolong. Salah satunya dengan donor darah. Mari saling berbagi agar hidup lebih berarti dan menjadi berkat bagi sesama. Mari hidup sehat agar berguna bagi orang lain. ” pesan Pdt. Deasy Sambeka seusai mendonorkan darahnya.

Oleh: Theodorus Kurniawan mm