Kabag Ops Polres Sanggau, Ricky: Kembang Api Boleh, Petasan Jangan

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Kabag Ops Polres Sanggau, Ricky: Kembang Api Boleh, Petasan Jangan

SANGGAU, BRP - Kabagops Polres Sanggau Kompol Ricky berkesempatan mengunjungi  Pos Terpadu Pujasera Kamis 28 Desember 2017 pukul 10.40 WIB.

Setelah melakukan pengecekan dan kontrol petugas Pos Pam Terpadu, beliau mengajak 4 orang personil Pos untuk ikut bersamanya menyambangi Para penjual Kembang Api yang berada di sekitar Terminal Oplet jalan Jenderal Sudirman Kelurahan Ilir Kota Kabupaten Sanggau.

Pada kesempatan yang sama, Kabagops menanyakan kepada para penjual kembang api apakah ada menjual petasan atau mercon, dijawab tidak oleh para penjual tersebut. Meskipun begitu Kompol Ricky terap memeriksa barang dagangan mereka.

Setelah dipastikan tidak ditemukan petasan atau mercon perwira melati satu yang ramah ini lantas memberikan penekanan dan penjelasan alasannya mengapa Petasan tersebut di larang untuk dijual belikan.

"Pertama Petasan itu tidak direkomendasikan untuk dijual belikan oleh peraturan tentang bahan peledak oleh Polri, yang mendapat ijin atau rekomendasi hanyalah Kembang api, jadi kami mengikuti aturan yang sudah ditetapkan. Itulah mengapa kita lakukan kegiatan hari ini,"tegas Kompol Ricky.

Kemudian Kabagops menempelkan stiker tentang larang menjual Petasan di lapak para pedagang.

Kegiatan yang dilakukan oleh Kabagops dalam upayanya menekan peredaran petasan atau mercon sangat dipuji oleh para pedagang karena lebih mengedepankan komunikasi dengan pedagang ketimbang upaya -upaya  paksa.

"Baik bapak itu" tutur pedagang kembang api ketika awak media menanyakan kesan atas tindakan pemeriksaan dagangan mereka oleh Kabagops Polres Sanggau.

"Ini Operasi Kemanusiaan, ada bidang bidang tertentu yang kita harus lakukan secara preventif dan komunikasi agar dampak yang ditimbulkan lebih positif, tidak semuanya harus berakhir dengan Laporan Polisi toh," terangnya sambil tersenyum kecil.

Sungguh kinerja yang luar biasa, selain mampu memimpin anggota ternyata Kompol Ricky yang notabene adalah Kabagops Polres Sanggau juga mampu mengayomi masyarakatnya tanpa melihat apa pekerjaan dan profesinya.

Redaksi Betang Raya Post Firmus