Kapolres Sanggau Rachmat Pimpin Langsung Penggrebekan Pengoplos Beras

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Kapolres Sanggau Rachmat Pimpin Langsung Penggrebekan Pengoplos Beras


Polisi Temukan Puluhan Karung Beras dan Pilog di Gudang Pelaku.

SANGGAU - Kapolres Sanggau Rachmat Kurniawan memimpin langsung penggrebekan sebuah gudang yang diduga mengoplos beras dengan merek berbeda, Rabu (20/12/2017) sekitar pukul 15.30 Wib.

Pemilik gudang tersebut diketahui adalah pemilik toko 333 MAS yang beralamat di jalan RE Martadinata (Simpang Sompu) Kelurahan Tanjung Kapuas Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau.

Puluhan karung, pilog dengan berbagai warna serta alat cetak lainnya ditemukan petugas di gudang milik pelaku.

Pengemasan beras merek berbeda dari 20 Kg menjadi 8 Kg. Pelaku mengaku menjual beras oplosan dengan berat 8 Kg tersebut dengan harga Rp 8 ribu/Kg. Artinya setiap karung beras hasil oplosan tersebut, pelaku memperoleh keuntungan Rp 15 ribu.

Modus pelaku pengoplosan beras menggunakan cara manual dengan kertas karton cetakan yang kemudian dipilog dengan tulisan A3.

Alatnya manual, kertas karton bertuliskan A3 yang kemudian disemprot di karung tanpa lebel. Pelaku juga memberikan bonus berupa ikan kaleng di dalam karung beras yang sudah dioplos untuk para konsumennya.

"Saya minta para pengusaha mematuhi aturan dan tidak berbuat curang dengan mencari keuntungan pribadi,"tegasnya.

Atas temuan tersebut, pelaku diancam dengan Undang-undang perlindungan merek karena pelaku mencampurkan beras dengan label yang berbeda dan Undang-undang perlindungan konsumen karena tidak ada jaminan kelayakan beras yang dijual.

Hingga berita ini diturunkan, barang bukti beras, karung beras tanpa merek, beras yang sudah dioplos dan cetakan dibawa ke Polres Sanggau untuk diamankan guna diperiksa lebih lanjut.

Oleh Firmus