Kompol Ricky: Ciptakan Pemilu Damai Harus Sinergi

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Kompol Ricky: Ciptakan Pemilu Damai Harus Sinergi


SANGGAU, BRP - Kabag Ops Polres Sanggau, Kompol Ricky, RR. SE menghadiri sosialisasi pemilu partisipatif oleh Panwaslu Kabupaten Sanggau di Aula Emerald hotel jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Beringin, Kapuas Kabupaten Sanggau, Jumat, (8/12/2017).

Hadir, sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sanggau, Niriu sebagai narasumber.

Sosialisasi ini di gelar agar masyarakat tertib administrasi kependudukan untuk menghindari segala sesuatu yang tidak diinginkan terjadi dalam demokrasi mendatang.

Disdukcapil telah berupaya mempercepat perekaman dan kepemilikan dokumen kependudukan seperti melakukan sosialisasi kebijakan administrasi, mobil entrollment off line untuk memperoleh E- KTP, pemutakhiran database KK SIAK dan melakukan jemput bola berkas pembuatan akta pencatatan sipil.

Sesuai data, dari 482.500 penduduk dan yang sudah wajib memiliki KTP sebanyak 354.753. Hingga saat ini sudah 241.722 sudah melakukan perekaman.

Data rekapitulasi kependudukan Provinsi Kalbar sesuai data awal sebanyak 5.844.012, data anomali 110.726 dan data ganda sebanyak 368.322 jiwa.

"Kalau setiap pelanggaran pasti akan terjadi dalam pelaksanaan pemilu,"ungkap Ricky.

Oleh karena itu, jajaran Kepolisian, TNI, Panwas dan unsur tertentu lainnya untuk bersinergi dalam pengawasan guna mencegah tindak pelanggaran dalam pemilu mendatang.

Bersinergi menjaga situasi Kamtibmas menjelang pemilihan gubernur dan wakilakil gubernur Kalbar, pemilihan bupati dan wakil bupati Sanggau Tahun 2018.

"Tim kita juga menyediakan wadah pengaduan, penyelesaian dan penegakan hukum (Gakkumdu),"tegas Kompol Ricky, RR. SE.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kordiv Penindakan Pelanggaran Panwaslu Sanggau, Alipius dan Kordiv pencegahan dan hubungan antar lembaga Panwaslu Sanggau, Ahmad Zaini.

Pemilu partisipatif dalam rangka penyelenggaraan tahapan, program dan jadwal kegiatan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kalbar serta pemilihan bupati dan wakil bupati Sanggau tahun 2018.

Selain itu hadir juga, camat Kapuas, Alipius. Danramil Kapuas, Bonong, para lurah, perwakilan MABM, MABT, DAD, paguyuban Jawa dan Sunda, ormas kepemudaan, LSM dan Pers.

Oleh: Robiantinus Hermanto
Editor: Redaksi Betang Raya Post Firmus