Peran Pemuda Membangun Sekadau

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Peran Pemuda Membangun Sekadau


SEKADAU, BRP - Kabupaten sekadau pada 18 Desember 2017 Genap berusia 14 tahun sejak memisahkan diri dari kabupaten sanggau melalui otonomi daeran pada 2003 yang lalu sesuai kesepakatan dalam perda mengenai tanggal hari jadi dan melalui UU nomor 34 tahun 2003.

Tata ruang kota yang berada dijalur sutra transportasi darat provinsi Kalimantan Barat yang memiliki 87 Desa dari 7 Kecamatan dengan luas wilayah 5.444,30 km persegi.

Sesuai data terbaru wikipedia tahun 2015, kabupaten sekadau dihuni Kurang lebih 197.008 jiwa dengan tingkat kepadatan penduduk 36,19 jiwa/km persegi.

Aspek perekonomiannya, Sekadau memiliki komodoti utama dari Hasil perkebunan Sawit yang paling domaninan dikelola pihak investor dalam bentuk mitra perusahaan perkebunan, Karet, Lada, dan lainnya.

Selain itu, sekadau juag dikenal dengan Kabupaten yang damai dan berkembang dengan pesat dalam hal pembangunan, baik dari segi infrastruktur maupun lainnya.

" membangun sekadau bukan hanya membangun secara fisik saja, namun juga bagaimana membangun SDM dan pengembangan ekonomi kerakyatan dengan berbagai cara, mulai dari pendidikan sampai pemberdayaan, mulai dari perkebunan sampai pariwisata.

" Pembangunan Sumber Daya Pemuda (SDP) juga harus menjadi perhatian dan dilakukan dengan serius. Bukan hanya dari sisi kuantitas, melainkan juga kualitas dan membangun sarana prasarana pengembangan pemuda ". Ujar Selpanus Usel, salah satu aktivis pemuda kabupaten sekadau. Senin, 18/12/17.

Namun, kendati demikian, Usel juga menyampaikan apresiasi dan ungkapan terimakasih kepada Mantan Bupati sekadau dua periode, Bapak Simon S.Sos., M.Si yang telah meletakkan dasar pembangunan yang baik dan membangunnya dengan baik pula.

Dengan landasan tersebut, sekarang program tersebut pun dilanjutkan dengan Baik pula oleh Bupati sekadau saat ini yang juga luar biasa, Rupinus SH., M.Si yang telah menjadi motor dalam mewujudkan Sekadau yang Maju, Mandiri dan Berdayasaing.

" Semua tak terlepas dari peran Wakil bupati yang inspiratif, Aloysius SH., M. Si karena mereka menjadi pasangan yang selalu terinspirasi dalam pembangunan ". Ungkapnya lagi.

Namun sangat disayangkan, Untuk mewujudkan dan melanjutkan semua itu, tentu tidak hanya bergantung pada pemerintah saja. Keterlibatan semua stake Holder juga sangatlah penting. Terutama pemuda, harus menjadi motor utama dalam membantu pemerintah untuk merealisasikan program pembangunan yang ada sesuai dengan bidangnya masing-masing. Mulai dari sosial, pemberdayaan-UMKM, SDM dan bahkan infrastruktur.

" Pemuda harus menjadi mitra kritis bagi pemerintah dan hadir memberikan solusi, bukan justru membebani. Itulah kado terindah yang dapat kita berikan untuk kabupaten tercinta ini ". Harapnya.

Tak lupa, aktivis muda ini juga menyampaikan Selamat Hari sekadau.
" selamat hari Jadi Kabupatenku ".


Oleh  : Robiantinus Hermanto