PKK Singkawang Dukung Pembangunan

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

PKK Singkawang Dukung Pembangunan

Frederika Cornelis Lantik Wahyuni Sebagai Ketua PKK dan Dekranasda Kota Singkawang

PONTIANAK, BRP - Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalbar yang juga Ketua Dekranasda Provinsi Kalbar melantik Wahyuni,S.Sos, M.Si jadi ketua TP-PKK dan Dekranasda Kota Singkawang, usai pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Singkawang, di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar, Minggu (17/12).

Frederika berharap Wahyuni dapat membina anggota Tim penggerak PKK dari tingkat kota, kecamatan, kelurahan sampai ke dasawisma sehingga percepatan pelaksanaan 10 program pokok PKK dapat terwujud. Slanjutnya Frederika berpesan agar dapat melaksanakan tertib administrasi  dan kelembagaan terutama administrasi keuangan.

Frederika Cornelis yang juga ketua Forikan menjelaskan bahwa sasaran pembinaan PKK adalah keluarga, yang perlu mendapat perhatian untuk di tingkatkan kesejahteraanya sehingga tercipta keluarga  yang maju dan mandiri.

Apa bila 10 program pokok PKK dapat diterapkan pada setiap keluarga maka akan tercipta ketahanan keluarga, dan dijamin situasi dan kondisi masyarakat yang aman,tentram dan damai.

"Buatlah program Unggulan dan program terobosan pada 10 program pokok PKK untuk mengikuti perkembangan program di masyarakat dan pemerintah yang dewasa ini berkembang begitu cepat dan sangat bervariasi", ujar Frederika.

Selanjutnya, berkaitan dengan dekranasda, Frederika Cornelis mengatakan kedepan, mengingat tantangan dan permasalahan yang dihadapi dalam rangka untuk menumbuhkan kembangkan usaha kerajinan rakyat mulai dari terbatasnya akses pasar, permodalan, teknologi, SDM dan masalah daya saing produk terutama dalam menghadapi pasar bebas.

Berkaitan dengan hal itu, maka salah satu langkah secara internal yang dapat dilakukan oleh ketua Dekranasda Kota Singkawang yang baru  dalam rangka untuk meningkatkan peran dan fungsi Dekranasda adalah melakukan konsolidasi dan penguatan organisasi dan penyusunan program kerja untuk 5 tahun kedepan.

Secara eksternal, dekranasda harus secara optimal selalu meningkatkan koordinasi dan sinergi dengan dinas/instansi terkait,BUMN,BUMD, dan pihak swasta, terutama dalam hal pelaksanaan program dan kegiatan pembinaan dan pengembangan usaha industri kerajinan rakyat terutama di Kota Singkawang, ungkap Frederika Cornelis.

Oleh Firmus
Sumber Humas Pemprov Kalbar HK