Raker DAD Sambas, Jakius Bicara Pembangunan Perbatasan

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Raker DAD Sambas, Jakius Bicara Pembangunan Perbatasan

SAMBAS, BRP – Kabupaten Sambas Kalimantan Barat adalah Kabupaten yang berada di wilayah berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia.

“Persoalan border di perbatasan Aruk ini memang sudah lama kita dambakan, kita sangat bersyukur dengan terobosan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, dimana ketiga perbatasan ini yaitu perbatasan Badau, Entikong dan perbatasan Aruk sudah dibangun,” Kata Ketua Umum Dewan Adat Dayak Provinsi Kalimantan Barat, Jakius mengemukakan hal tersebut, saat membuka Rapat Kerja Dewan Adat Dayak Kabupaten Sambas, yang bertempat di gedung serba guna paroki, Jumat (1/12/2017).

Menurut Jakius, dari ke tiga pembangunan border di perbatasan ini, Aruk merupakan yang terbaik, karena dari segi arsistetur dan luas lahannya yang memadai. Dengan pembangunan itu, ada peningkatan perekonomian masyarakat di perbatasan.

“Masalah infrastruktur, itu sudah di bangun dari Galing sampai ke Aruk, dirasakannya tinggal beberapa kilometer lagi pembangunannya yang belum di kerjakan,” jelas mantan Kepala dinas pekerjaan umum dan penataan ruang Provinsi Kalimantan Barat itu.

Jakius mengharapkan Dewan Adat Dayak Kabupaten Sambas untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan pembangunan yang ada di perbatasan Aruk ini.

Selanjutnya, Jakius juga mengharapkan kepada DAD kabupaten Sambas, karena masyarakat adat Dayak adalah bagian integral bangsa Indonesia ini, masalah persatuan dan kesatuan harus dikedepankan, tidak boleh terkota kotak.

“Dewan adat Dayak juga memiliki kesempatan yang sama dan ikut berfartisipasi dalam memajukan pembangunan di negara kesatuan Republik Indonesia dan jangan kita berdiam diri. Program kerja Dewan Adat Dayak sifatnya koordinasi, baik di tingkat DAD Kecamatan, Kabupaten, Provinsi maupun Majelis Adat Dayak Nasional (MADN),” tuturnya.

Pembukaan Raket DAD kabupaten Sambas yang tema: Melalui Raker Dewan Adat Dayak Kabupaten Sambas Kita Tingkatkan Kreaktivitas Pembangunan dan Persatuan Masyarakat Dayak bersama komponen masyarakat lainnya di kabupaten Sambas itu, dihadiri oleh pengurus DAD Kabupaten Sambas, Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) kabupaten Sambas, Majelis Adat Budaya Tionghoa (MABT) Kabupaten Sambas, Kepolisian, Dandim, Sekjen DAD kabupaten Bengkayang, Arbito dan Forum Pemuda Dayak Landak (FPDL) serta tamu undangan.

Redaksi Betang Raya Post
Sambas