Renungan Minggu Adven II

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Renungan Minggu Adven II

AYO! MARI KITA SIAPKAN DIRI MASING-MASING

(Oleh: P. Ignatius F. Thomas, Pr)

SANGGAU, BRP - Bapak, ibu, saudara/i terkasih...Kita sekarang telah memasuki Minggu Adven II. Memasuki Minggu Adven II ini, Sabda Tuhan mengajak kita untuk mengarahkan hati dan budi serta seluruh hidup kita  kepada Dia, yang kita nanti-nantikan kedatanganNya. Dia adalah Sang Raja Agung. Dia juga adalah Sang Terang bagi hidup kita. Dialah Yesus Kristus, Sang Mesias, Sang Juruslamat kita.

KedatanganNya telah disampaikan oleh Yohanes Pembaptis. Yohanes Pembaptis merupakan tokoh yang dimaksud oleh nabi Yesaya. Dialah yang dimaksud oleh nabi Yesaya sebagai orang yang menyiapkan jalan bagi kedatangan Sang Mesias. Dalam mempersiapkan jalan bagi Tuhan, Yohanes Pembaptis telah menyerukan pertobatan kepada siapa saja dan juga membaptis  mereka yang menerima pewartaannya.

Dalam perikop Injil dikatakan kepada kita, bahwa Yohanes Pembaptis menyerukan supaya kita menyiapkan jalan bagi Tuhan. Untuk itu kita perlu menyiapkan diri kita, supaya Dia berkenan tinggal di dalam hati kita dan merajai hidup kita. Maka sudah sepantasnyalah kita menyiapkan jalan bagi Dia.

Kata "jalan" dalam konteks saat ini bapak, ibu, saudara/i terkasih dapat kita artikan pula sebagai hati kita, kepribadian kita, dan seluruh hidup kita. Pada masa Adven ini, kita semua diajak untuk menyiapkan hati kita. Hati kita perlu dipersiapkan dengan baik. Hati kita perlu diarahkan kepada Dia yang hendak mengunjungi hidup kita. Sebab tidak menutup kemungkinan selama ini hati kita, diri kita, dan hidup kita cenderung terarah pada hal-hal yang bersifat duniawi belaka.

Masa Adven saat ini merupakan masa yang sangat baik bagi kita untuk membentuk hati kita, kepribadian kita, dan seluruh hidup kita. Hati kita, kepribadian atau tingkah laku kita, dan seluruh hidup kita perlu ditata dan dikelola kembali, agar semuanya itu menjadi lebih baik lagi. Mungkin selama ini hati kita penuh dengan rasa iri hati, penuh dengan kebencian, marah, dendam, dan sebagainya. Mungkin selama ini kepribadian kita agak sedikit kacau. Mungkin selama ini hidup kita sedang terjatuh. Maka masa Adven ini menjadi kesempatan yang amat baik bagi kita untuk menata, mengolah, dan mengelola kembali hati, kepribadian, dan seluruh hidup kita. Bacaan I, II, dan Injil mengajak kita untuk melakukan semuanya itu.

Selain itu, kita juga diajak untuk melakukan pertobatan sejati. Pertobatan sejati ini hendaknya kita lakukan secara sungguh-sungguh. Kita meninggalkan manusia lama dan sekaligus mengenakan manusia baru. Dengan mengenakan manusia baru, niscaya kita akan sungguh-sungguh siap pula menyongsong kehadiranNya dalam hidup kita.

Bapak, ibu, saudara/i terkasih... Akhirnya seturut ketiga bacaan di atas, pesan SabdaNya untuk kita semua: Mari siapkan hati dan budi kita serta seluruh hidup kita. Mari, jaga selalu segala tingkah laku kita. Dengan melakukan semuanya itu, maka hidup kita akan menjadi tempat yang layak bagi kedatangan atau kehadiranNya. Amin.
Selamat memasuki Minggu Adven II. Tuhan Yesus memberkati kita semua.

Oleh: Redaksi Betang Raya Post