Renungan Minggu Adven III

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Renungan Minggu Adven III



Bacaan: Yes 61:1-2a,10-11; 1 Tes 5:16-24; Yoh 1:6-8,19-28

MENANTI DENGAN PENUH SUKACITA

Oleh: Pastor Thomas

Bapak, ibu, saudara/i terkasih...Kita sudah memasuki Minggu Adven III. Tidak lama lagi kita akan merayakan hari raya Natal. Pada perayaan Ekaristi Minggu Adven III kemarin, kita semua diajak untuk meluapkan perasaan sukacita kita. Kita pantas bersukacita, sebab Tuhan akan memenuhi janjiNya untuk melawat kita umat yang di kasihiNya. Ia akan datang dengan membawa kabar sukacita pula. Dialah Yesus Kristus, Sang Juruslamat, Sang Sumber sukacita kita.

Nabi Yesaya dengan perasaan penuh sukacita menyampaikan nubuat kedatangan Sang Mesias kepada umat Israel. Nubuat nabi Yesaya ini telah meneguhkan kembali iman umat Israel yang nyaris tawar. Selain itu, nubuat nabi Yesaya juga telah memberikan penghiburan dan harapan kepada umatNya, termasuk juga bagi kita sekarang ini.

Sementara itu rasul Paulus melalui suratnya kepada jemaat di Tesalonika (1 Tes 5:16-24), mengajak kita juga untuk senantiasa bersukacita di dalam Tuhan. Kita bersukacita sebab Allah selalu setia kepada kita. Kesetiaan Allah ini sungguh nyata dalam diri Yesus Kristus. Ia adalah bukti nyata dari kesetiaan dan cinta Tuhan kepada kita.

Bapak, ibu, saudara/i terkasih... Sukacita Tuhan sungguh dapat kita rasakan, apabila kita mau membuka diri kita dan membuka hati kita bagi kehadiranNya. Oleh karena itu, hati kita perlu dipersiapkan dengan baik untuk menyongsong Dia, Sang Tamu Agung kita. Dia harus merajai diri kita, hati kita, dan seluruh hidup kita.

Dalam hal ini, seruan dari Yohanes Pembaptis dapat membantu mengarahkan dan memperdalam permenungan kita. Yohanes Pembaptis menyerukan dan sekaligus mengajak kita, agar kita sungguh-sungguh menyiapkan jalan bagi kedatangan Tuhan. Segala yang berliku-liku hendaknya diluruskan. Sebab Ia akan mengunjungi kita. Ia juga akan datang dengan membawa warta sukacita bagi kita. Maka sudah selayaknya kita menyongsong Dia dengan hati yang penuh sukacita pula.

Bapak, ibu, saudara/i terkasih... Natal sudah semakin dekat. Semoga pekan Adven III yang kita jalani saat ini membantu kita dalam menata hati kita, diri kita, dan seluruh hidup kita dengan penuh sukacita. Semoga masa Adven, masa yang penuh pengharapan ini meneguhkan asa dan mengobarkan sukacita kita. Bersukacitalah, bersukacitalah, dan bersukacitalah senantiasa di dalam Dia.
Selamat menjalani pekan Adven III. Tuhan memberkati kita semua.

Redaksi Betang Raya Post