Titian Muhibah XII Sukses

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Titian Muhibah XII Sukses

Pegelaran Budaya Lintas Negara Indonesia dan Malaysia

SANGGAU, BRP - Titian Muhibah XII Dalam Rangka Pegelaran Budaya Lintas Negara, Masyarakat Kabupaten Sanggau (Indonesia) Dengan Masyarakat Serian (Malaysia) sukses digelar di GPU Sanggau, Sabtu (2/12/2017), malam.

Menampilkan seni dan budaya, sangat memukau bagi yang menyaksikan, hubungan masyarakat keduanya tampak saling akrab dan penuh rasa persaudaraan satu sama lainnya, begitu juga dengan penampilan Nabila Gomes langsung memecah suasana menjadi semakin hidup.

Kadis Dikbud Kabupaten Sanggau Sudarsono,S.AP Selaku Ketua Pelayanan Melaporkan bahwa pelaksanaan Titian Muhibah ini adalah event tahunan bersama antara masyarakat Tebedu, Serian Malaysia dengan masyarakat kabupaten sanggau yang didalam proses penyelenggaraannya secara bergantian sebagai tuan rumah, dimana pada tahun ini giliran sebagai tuan rumah adalah kabupaten sanggau dan dilaksanakan di kota sanggau untuk yang pertama kalinya, karena sebelumnya kegiatan tersebut dilaksanakan di daerah perbatasan yaitu di kecamatan entikong kabupaten Sanggau.

Maksud dan tujuan menggelar atraksi budaya antar masyarakat kedua negara dengan menampilkan tarian dan nyanyian yang bernuansa budaya sehingga semua dapat mengetahui seni dan budaya dari masing-masing daerah yang memiliki kesamaan etnis dan budaya, sehingga boleh bangga dan mencintai seni dan budaya masing-masing.

"Titian Muhibah ini tentu harapan kita bersama bahwa rasa persaudaraan dan persahabatan antara masyarakat keduanya semakin harmonis dan terlaksananya kegiatan ini juga berkat dukungan pemerintah daerah kabupaten sanggau dan semua pihak terkait, baik pihak kecamatan entikong, pihak imigrasi, pihak bea cukai, pihak PLB Entikong dan lainnya,"terang Sudarsono.

Ditempat yang sama, Ketua Rombongan Dari Serian (Malaysia) Raymond Achen mengatakan bahwa rombongan dari Serian sangat senang bisa datang dan berkumpul bersama di kabupaten sanggau khusunya berkumpul bersama masyarakat sanggau, terlebih  kepada para pencinta seni dan budaya. selain itu, dengan pertemuan dalam rangka pegelaran budaya ini.

"Kita dapat memperkokoh tali persaudaraan satu sama lainnya seperti tahun-tahun sebelumnya,  hal ini agar semakin erat hubungannya, kemudian tali silaturahmi ini tidak boleh putus dan terus dilaksanakan setiap tahunnya, sehingga pada tahun depan akan menjadi tuan rumah sukan dan tutian muhibah yang dilaksanakan di Tebedu,"ucap Raymond Achen.

Bupati Sanggau Paolus Hadi, mengucapkan selamat datang di kabupaten Sanggau kepada rombongan dari Malaysia khususnya masyarakat Serian, dimana selama ini kegiatannya selalu di kecamatan Entikong yang seyogyanya kecamatan yang berbatasan langsung dengan serian dan baru kali ini dilaksanakan di kota kabupaten Sanggau.

"Kami menyambut baik terhadap rombongan dari Serian dan kegiatan serupa agar terus dilaksanakan setiap tahunnya agar hubungan satu sama lainnya tidak terputus, tali silaturahmi ini terus terjalin dimana masyarakat keduanya adalah serumpun, seni dan budayanya sungguh luar biasa dan keduanya telah memiliki kesamaan,"tegas Bupati Sanggau Paolus Hadi.

Berikut, sekilas mengenai  kabupaten sanggau baik tempat wisata maupun adat budaya. lebih lanjut, untuk tempat wisata dalam kota ada kampung wisata sentana, kebana, taman sabang merah, pancur aji sanggau, riam macan dan tempat-tempat lainnya yang sangat menarik untuk di kunjungi. kemudian mengenai adat budaya yang ada di sanggau, diantaranya, ada gawai dayak tingkat kabupaten sanggau dilaksanakan pada tanggal 7 juli setiap tahunnya , kemudian festival budaya melayu/paradje dilaksanakan setiap bulan september dan masyarakat tionghoa ada cap go meh, 1 Suro untuk masyarakat adat Jawa dan kegiatan-kegiatan masyarakat adat lainnya.

Acara diakhiri dengan pertukaran cendra mata kemudian dilanjutkan dengan penampilan seni dan budaya dari kedua negara.

Oleh: Redaksi Betang Raya Post Firmus