Wah Sungai Tu Banyak Sampah

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Wah Sungai Tu Banyak Sampah

Minim Kesadaran, Sungai Riam Laverna kotor

SANGGAU, BRP - Sungai merupakan tempat yang dapat menjadi sumber rezeki bagi sebagian masyarakat. Bahkan ada yang menggantungkan hidupnya dari sungai.

Namun apa yang akan terjadi bila sungai tersebut kotor dan tercemar?.
Karena ketersedian Tong sampah ditempat-tempat umum seperti persimpangan jalan, Kantor atau bahkan terminal dirasa sudah sangat membantu.

Namun hal tersebut tidak mengurangi hasrat warga untuk tetap membuang sampah disungai.  Contohnya sungai yang terletak dijalan riam, Kelurahan Bunut Kabupaten Sanggau.

Terlihat dari pinggir sungai terlihat masih adanya sampah yang mengalir bersama arus air. Ketika dikonfirmasi kepada salah satu warga jalan riam, Neneng (39) mengatakan sampah yang ada itu bukan dari warga sini.
" Mungkin ini terbawa arus banjir kemaren ". Tuturnya, 29/12/2017 sore.

Bukan hanya disitu saja, salah satu anak sungai riam Laverna yang terletak di jalan Tengkawang kelurahan Bunut yang berdekatan dengan Kantor Pemuda dan Olah Raga terlihat tercemar oleh sampah limbah rumah tangga.

Meskipun pencemaran tersebut tidak masuk dalam kategori berbahaya, namun tetap harus menjadi perhatian.

Hal berbeda bila kita bandingkan dengan anak sungai Kapuas yang terletak di Kampung Ntakai Melayu, jalan Sanggau-Sekadau. Sungai tersebut terlihat lebih bersih dan arus airnya tidak terhambat oleh sampah. Meskipun banyak Kampung dibantaran sungai tersebut.

Hal senada juga diungkapkan Supri (21) warga kampung Ntakai Melayu. " termaksud bersih sih, karena kampung atas juga saling jaga kebersihan sini. Ada banyak sih kampung sini. Seperti kampung Narai dengan Ntakai dalam. Mereka juga saling jaga biar sama-sama enak ". Tuturnya kepada BetangRayaPost .

Oleh   : William Leo
Editor : Robiantinus Hermanto