Asik Makan Durian di Perbatasan

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Asik Makan Durian di Perbatasan

Road Show Crew Betangrayapost,
Kampung Semanget Pemasok Durian Ke Malaysia


ENTIKONG, BRP - Lelah terbayarkan, mungkin ini bahasa kiasan yang pantas untuk diungkapkan oleh crew media betangrayapost saat road show kedesa semanget, kecamatan entikong.

Si bundar berduri tersebut ternyata menjadi salah satu buah primadona diseantero kalimantan bahkan indonesia dan mancanegara.

Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 2 jam dari kota sanggau, rasa lelah dan penat saat berkendara seakan terbayarkan setelah menyantap gurih dan nikmatnya buah durian.

Meski sudah terbilang langka karena ulah para oknum yang mencari keuntungan dengan ilegal logging, buah langka dan musiman ini memiliki tekstur kulit yang berduri dan berisi sangat lunak, sehingga sangat menggugah selera.

Marlina Lia contohnya, pimpinan umum betangrayapost tampak lahap dan menikmati buah durian yang lunak tersebut.
" mantap buahnya, manis dan lunak lagi isinya ". Ucapnya singkat.

Sementara itu, Tangtiono, tuan rumah yang juga orang tua dari salah satu crew betangrayapost mengatakan kalau Kampung Semanget menjadi salah satu pemasok buah kenegeri tetangga, Malaysia.

" Saat ini, harganya sudah relatif murah, khususnya daerah Entikong. Bahkan, durian kampung semanget ini menjadi pemasok buah ke negara malaysia ". Ujar Tangtiono,  dikediamannya. Sabtu, 20/1/2018.

Menurutnya pula, Durian merupakan buah yang mempunyai banyak kegunaan, salah satunya untuk membuat Tempoyak ( durian difermentasikan-red ).


Oleh   : Martini Nesi
Editor : Robiantinus Hermanto