Himatika Seleksi Daerah Kompetisi Matematika

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Himatika Seleksi Daerah Kompetisi Matematika

PONTIANAK, BRP -  – Himpunan Mahasiswa Matematika (Himatika) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universistas Tanjungpura Pontianak adakan Seleksi Daerah Kompetisi Matematika (Komet) ke-14 yang bertempat di lantai 3 Gedung Baru Fmipa Untan. Sabtu, 27/012018.

Turut hadir dalam acara pembukaan, Wali Kota Pontianak, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum dan Kepala Seksi Peserta Didik Pembinaan Karakter Dinas Pendidikan Kota Pontianak, Rufini, S.Pd., M.Pd serta perwakilan dosen Jurusan Matematika, Yudhi, M.Si.

Dalam sambutannya, Sutarmidji menyampaikan beberapa motivasi kepada peserta yang hadir mengenai kehidupan Bill Gates dan Jack Ma yang merupakan deretan beberapa manusia terkaya di dunia.

Ia juga berharap, kegiatan ini bisa melahirkan inovasi-inovasi baru terkait metodologi baru dalam dunia pembelajaran matematika.

Ketua Pelaksana, Feri Harianto, mengatakan bahwa Kompetisi Matematika adalah ajang kompetisi untuk anak-anak SMA Se-derajat yang pelaksanaannya serentak di masing-masing daerah Se-Kalimantan Barat.

“Kita terlebih dahulu melakukan seleksi dan nantinya masing-masing finalis dari setiap daerah akan berkompetisi lagi ke Pontianak pada tahap final, saat seleksi ini kami ingin menarik minat dan bakat serta menumbuhkembangkan pengetahuan peserta mengenai ilmu dan aplikasi dari Matematika”. katanya.

Ia juga menjelaskan tentang 3 kategori perlombaan pada komet tahun ini, diantaranya adalah MOP (Matemathic On Paper) yang lebih kepada lomba karya tulis dan GAMA (Peraga Matematika) untuk kategori peraga matematika.

“Jadi, kita tidak hanya menumbuhkan pengetahuann saja, tetapi juga karya tulis dan pola pikir peserta melalui peraga matematika yang merupakan pengaplikasian pembelajaran matematika”. ujar Feri.

Feri berharap agar finalis yang nantinya akan berlomba lagi pada 21 April bisa mendapatkan feedback lebih dari panitia, setidaknya membantu keberangkatannya.

“Untuk Kota Pontianak sendiri berjumlah 109 peserta dari berbagai SMA Se-derajat, sedangkan untuk total peserta secara keselurahan ribuan orang. Untuk Komet  akan diambil 10 besar finalis setiap daerah, sedangkan MOP dan GAMA hanya 5 besar saja ”. tambah Feri, mahasiswa Prodi Matematika angkatan 2015.

Kasi Peserta Didik Dinas Pendidikan Pontianak, Rufini mengatakan bahwa kegiatan ini positif.

“Kegiatannya positif sekali, karena kita akan mencari sumber daya manusia yang baik, anak yang terpilih, jadi perlu wadah seperti ini agar anak-anak yang terbaik dan berkualitas ini bisa berkompetisi”. katanya.

Rufini berharap pada Komet berikutnya, bisa lebih ditingkatkan lagi, seksi dana dan usaha bisa mencari dana lebih agar bisa memberikan hadiah dan peghargaan yang layak untuk para pemenang.

Ia berpesan agar dengan kegiatan ini, mereka para peserta nantiya tentu sudah punya gambaran dan dapat menentukan arah pilihan jurusannya ketika masuk kuliah nanti, dimana mungkin bisa mengikuti abang-abang dan kakak-kakanya di jurusan Matematika.

Satu diantara peserta, Nyoman (Siswa Kelas XII IPA SMA Santun Untan), berkesan bahwa kegiatan ini baik dan sangat bermanfaat untuk mereka.

“Komet ini positif dan sangat bermanfaat untuk kami, dimana kami mendapat gambaran tentang apa yang ada dalam dunia Matematika. Harapannya kegiatan ini bisa bermanfaat buat teman-teman yang akan mengambil studi dibidang matematika nanti”. ujarnya.

Oleh   : Yakobus Dapi
Redaksi Betangrayapost