Keraton Sanggau Peninggalan Kerajaan Mengkiang Majapahit

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Keraton Sanggau Peninggalan Kerajaan Mengkiang Majapahit

SANGGAU, BRP - Ternyata, sanggau kalimantan barat punya dua keraton peninggalan Kerajaan Mengkiang yang dulunya berada dimuara Sungai Balai Sebut.

Seperti yang diungkapkan Gusti Mustaan, selaku pengelola wisata budaya mengatakan bahwa sebenarnya ada dua keraton, yakni Keraton Surya Negara dan Keraton Paku Negara.

Menurutnya, keraton pertama terletak dimuara sungai balai sebut sekitar 300 - 400 sebelum masehi berawal dari adanya lerang islam pada masa kerajaan majapahit pada 400 - 500 tahun yang lalu. Dan akhirnya Kerajaan Mengkiang pindah menjadi Keraton Surya Negara.

" Sebenarnya kita punya dua keraton sejarah peninggalan kerajaan mengkiang majapahit dahulu ". Ujarnya. Jumat, 5/1/2017.

Hal senada juga diungkapkan Agus Cok, selaku ketua RT mengatakan kalau benda-benda bersejarah yang ada dalam keraton masih tetap dilestarikan, meskipun dulu keraton sempat mengalami masa perbaikan. Tapi tidak merubah bentuk aslinya dan segala benda bersejarah lainnya.

" selain wisata keraton, ada juga wisata religi seperti Masjid Jamih Sultan Ayub yang terbuka untuk umum. Artinya bukan hanya agama muslim yang boleh berkunjung, tapi non muslim juga diperbolehkan untuk berkunjung ". Ucapnya.

Oleh   : Martini Nesi
Editor : Robiantinus Hermanto