Munawar: Demi Keadilan Ajukan Banding

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Munawar: Demi Keadilan Ajukan Banding

Dinilai ragu, kuasa hukum tempuh upaya banding

SANGGAU, BRP - Sidang putusan majelis hakim terkait tindak pidana pembunuhan dikebun karet Sei. Bintang Desa Sebuduh, Kembanyan sempat tertunda 3 menit, karena kuasa hukum terdakwa masih mendampingi terdakwa lainnya dengan kasus lainnya yang semula dijadwalkan pukul 14.30 wib.

Dalam putusannya, Majelis Hakim memutuskan dan memvonis 15 tahun penjara kepada terdakwa Bernadus Rito dan Paulus Joko Rianto dalam sidang terbuka untuk umum. Kamis, 11 januari 2018.

Menanggapi putusan tersebut, Terdakwa melalui Kuasa hukum, Munawar Rahim SH menyatakan kedua terdakwa akan melakukan upaya banding.

Sementara itu, untuk terdakwa Sameon Sanyon yang telah diamankan sejak 6 April hingga saat ini, divonis majelis hakim dengan hukuman 9 tahun penjara.

Terkait hasil keputusan Majelis Hakim, Kuasa hukum Sameon Sanyon menilai keputusan tersebut hanya atas dasar tuntutan JPU dan dinilai ragu-ragu.

Selain itu, keputusan tersebut dinilai sepihak karena mengesampingkan pembelaan kuasa hukum ( pledoi ) terdakwa.

Seperti yang diungkapkan kuasa hukum Deddy Suprianto SH dan M. Mukti Ali SH menegaskan dalam putusan tersebut juga tidak menghadirkan saksi kunci. Karena bila sesuai dengan pasal 340 tentang pembunuhan berencana seharusnya hukuman mati, minimal seumur hidup dan serendah-rendahnya 15 tahun.

" Setelah kita berembuk dengan keluarga terdakwa, kita akan ambil jalur banding. Apapun itu, keadilan harus tetap ditegakkan ". Ucap kedua kuasa hukum ini tegas.


Robiantinus Hermanto/Martini Nesi
Redaksi Betangrayapost