Peletakan Batu Pertama Gereja Agung

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Peletakan Batu Pertama Gereja Agung

SEKADAU, BRP - Hari ini sabtu 27 januari 2018, diadakan upacara pemberkatan lokasi dan Missa bersama peletakan batu pertama Gereja Agung Sekadau Jalan Merdeka Selatan (Jalan Sanggau) yang dipimpin oleh Uskup Keuskupan Sanggau Sekadau, Mgr Jullius Mencucini, CP.

Peletakan batu pertama oleh, Keuskupan Sanggau, Mgr Jullius Mencucini, batu kedua oleh Bupati Sekadau, Rupinus, batu ketiga oleh tokoh masyarakat, Simon Petrus, kerikil oleh Kapolres Sekadau, Anggon Salazar Tarmizi, semen oleh Wakil Bupati Sekadau Aloysius dan Ketua DPRD Sekadau Albertus Pinus.

Paulus Lion, Ketua Panitia pembangunan Gereja Agung yang baru akan dibangun katakan, dibangunnya Gereja Agung ini mengingat Gerja yang lama setiap minggu dalam satu hari sampai 4 kali missa.

Ini karna Gereja yang lama sudah tidak menampung lagi karna umat sudah semakin nertambah banyak," kata Lion.

" Kepada semua Umat Katolik, supaya mendukung dana dalam pembangunan Gereja yang baru ini dan terima kasih kepada pihak Pemkab Sekadau atas bantuan dana yang diberikan," ucapnya.

Simon Petrus, S. Sos, M. Si, sebagai tokoh masyarakat juga nenghimbau kepada maayarakat supaya semuanya mendukung pembangunan Gereja Agung yang baru akan dibangun ini.

" Semoga rencana pembangunan Gereja yang rencananya akan dibangun dalam waktu satu tahun setengah ini berjalan lancar," kata Simon.

Bupati Sekadau, Rupinus, SH, M. Si dalam sambutannya katakan, dengan dibangunnya Gereja yang baru ini, selain kebutuhan masyarakat ini melambangkan ikon Kabuoaten Sekadau, karna begitu memasuki kota Sekadau dari arah Sanggau terlihat ada Gereja Ggung, dan bila mau kearah Sintang, ada melewati  Masjid dijalan Sintang," ujarnya.

" Kita dari pemkab Sekadau akan membantu, dan tidak cuma gereja saja, Masjid juga kita bantu demikian juga dengan Agama lainya," kata Rupinus.

Bupati berharap apa yang sudah kita mulai ini bisa berjalan dengan lancar dan tidak ada hambatan.

Uskup Sanggau, Rikardus Riady, Pr juga katakan,
Gereja yang baru ini bisa muat kurang lebih dua ribu (2000) orang dan sudah lengkap dengan  Kantor dan rumah Pastor termasuk Aula.

Gereja ini akan dibangun dua tingkat, tingakt dasarnya Aula dengan rumah Pastor dan tingkat ke duanya adalah Gereja. Gereja ini berjarak 30 meter dari jalan dan tinggi  sampai bumbung 30 meter serta tinggi menaranya 40 meter," kata Pastor Riady.

Hadir dalam acara peletakan batu pertama tersebut, Wakil Bupati Sekadau, Aloysius, Kapolres Sekadau, Anggon Salazar Tarmizi, Ketua DPRD Sekadau, Albertus Pinus, Koramil, Kapolsek Sekadau Hilir, Para SKDP, Pastor, Bruder dan Suster Paroki Sekadau, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tamu undangan.

Oleh : Asmuni