Pemda Kalteng Sambut Positif Kermahudatara

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Pemda Kalteng Sambut Positif Kermahudatara


PALANGKARAYA, KALTENG, BRP - Kehadiran Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Kerukunan Masyarakat Hukum Adat Nusantara (Kermahudatara) di Kalimantan Tengah (Kalteng) disambut positif oleh Pemerintah Daerah (Pemda) di Provinsi tersebut.

“Sebagai pembantu Gubernur Kalteng kami menyambut positif kehadiran ormas Kermahudatara. Masyarakat Kalteng cita kedamaian. Kehadiran ormas ini tujuannya positif mempersatukan keberagaman, baik agama, adat maupun budaya sebagai modal mewujudkan motto Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila, Kalteng,” tandas Kepala Biro Kesra Setda Kalteng H.Syahrudin dalam menerima audiensi pengurus Kermahudatara Kalteng di kantor Gubernur Jl.RTA Milono Palangka Raya, Kamis (11/1/18).

Ketua Kermahudatara Kalteng DR.Mambang Tubul,SH,M.Ap didampingi Sekretaris Drs.Barthel B Usin, Ketua Panitia Persiapan Pengokohan pengurus Ir.JMT.Pandiangan serta pengurus lain Hepraim Baboe,ST dan  Weymar Ricky Landjang,SH,MH dalam audiensi sekaligus menyampaikan keinginan mengharapkan kesediaan Gubernur Kalteng H.Sugianto Sabran bisa hadir dalam acara pengokohan pengurus yang direncanakan pada bulan Pebruari 2018.

DR.Mambang Tubil,SH,M.Ap juga Ketua Komisi Informasi (KI) Kalteng serta Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kota Palangka Raya mengatakan, kehadiran Kermahudatara di Kalteng diharapkan sebagai pemersatu atau wadah mediasi banyak kerukunan adat atau suku yang bernaung di Kalteng. Keberagaman ini yang kita himpun dan dipelihara untuk terus dibangun menjadi kekuatan di Kalteng. Gesekan dari keperbedaan yang mengarah pada situasi  merugikan akan bisa secara cepat dipadamkan dengan adanya komunikasi yang harmonis. Disinilah peran Kermahudatara sebagai wadah mediasi  untuk bisa menciptakan suasana harmonis itu.

Sekretaris Kermahudatara Kalteng Drs.Barthel B Usin mengatakan, kehadiran Kermahudatara ini bukan sebagai pesaing dari organisasi adat yang ada. Seperti Dewan Adat Dayak (DAD) merupakan organisasi yang harus kita hargai dan junjung tinggi keberadaannya malah dipagari dan dijalin komunikasi oleh Kermahudatara yang didalamnya terdapat wakil dari berbagai suku maupun agama. Maka kehadiran Kermahudatara searah dengan pilosofi HUMA BETANG yang menghargai perbedaan dan keberagaman.

Hefraim Baboe,ST juga Ketua Batamad Kota Palangka Raya mengatakan, dia dibawa bergabung dan langsung menyambut positif kehadiran Kermahudatara karena melihat visi dan misi ormas ini sangat positif dalam mempersatukan keberagaman adat,suku maupun agama. Kedamaian menjadi kerindukan semua orang. Hal itu yang diharapkan bisa dilakukan melalui ormas Kermahudatara.

Ir.JMT. Pandiangan sebagai warga Batak yang merasa sebagai warga Kalteng mengatakan, indahnya kerukunan jika keberagaman bisa dipelihara untuk kedamaian. Sebab itu dia menyambut positif dan siap berkorban sebagai pengurus membangun ormas ini menjadi modal besar terus menjaga keberagaman yang ada di Kalteng. (Dayak News/001).