Sintang Membangun

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Sintang Membangun

DJAROT AJAK MASYARAKAT LESTARIAKAN KEARIFAN LOKAL

SINTANG, BRP - Dr. DJarot bupati sintang sebut pembangunan PLTMH, Pipanisasi Air Bersih dan Homestay dikecamatan tempunak tidak hanya terhenti disitu saja.
Menurutnya, Kawasan Lingkar Saran akan menjadi sumber hidup bagi penarikan air baku untuk sumber air minum bagi masyarakat Sintang.

Bendungan akan segera dibangun dengan pipanisasi air sejauh kurang lebih 89 km  dari mata air di Bukit Saran tersebut akan ditarik sampai ke kota Sintang dengan pengerjaannya akan dimulai pada tahun 2018.

“ tahun ini, kita akan menyelenggarakan festival investasi kelam, tentunya lingkar saran pun dapat menjadi salah satu tempat yang indah dan penting dapat dibangun seperti kelam, menjadi tempat yang menjanjikan investasi di sintang ini. Lestariakan kearifan lokal dan jaga keselarasan yang berkesinambungan ”. pungkas DJarot. Selasa, 30/1/2018 saat meresmikan 3 proyek tersebut.

Begitu juga dengan Drs. Cornelis yang juga hadir dalam kesempatan tersebut mengatakan kalau pembangunan tersebut adalah kegiatan kemanusiaan, dalam rangka menyelamatkan manusia dengan melestarikan hutan dan alam sekitar.

“ hutan hujan tropis kita di jantung Kalimantan ini berperan penting untuk mengantisipasi perubahan iklim ". kata Cornelis, Presiden Majelis Adat Nasional tersebut.

Begitu juga ketua DPRD sintang, Jeffray Edward mengapresiasi program CU Keling Kumang bersama Yayasan Kehati dan MCAI ini.

" jaga dengan baik fasilitas yang sudah ada ini, sehingga pertumbuhan ekonomi di sini bisa meningkat secara optimal ”. Pinta Jeffray.

Selaku penanggungjawab program, Yohanes memaparkan bahwa tujuan akhir dari program yang disebut dengan program penguatan ekonomi hijau lokal melalui pemberdayaan masyarakat adat dan pemulihan lingkungan (proyek self help green -SHG) untuk menjaga hutan adat.

Program ini merupakan kerja sama antara berbagai Non-Government Organization (NGO) Yayasan Kehati dan Millenium Challenge America-Indonesia (MCA-I) yang telah dimulai sejak 2016 lalu dan dilaksanakan oleh konsorsium pemberdayaan ekonomi hijau  (KUJAU Kalbar).

" proyek ini meliputi aktivitas pemberdayaan terutama kaum perempuan, budidaya, peningkatan produktivitas, pengelolaan kawasan serta mendorong ketahanan energi melalui pengadaan energi terbarukan ". Pungkas Yohanes.

Peresmian dilakukan secara simbolis dengan menandatangani sejumlah prasasti. Kegiatan dilanjutkan dengan pengguntingan pita homestay sekaligus peninjauan ruangan homestay. Menyalakan lampu oleh Bupati Sintang. Mengalirkan air bersih di dalam homestay oleh presiden MADN.

Kegiatan peresmian dihadiri Bupati Landak, dr. Karolin Margret Natasa, sejumlah anggota DPRD Sintang dan sejumlah jajaran OPD di lingkungan Kabupaten Sintang.


Robiantinus Hermanto
Sumber : Humas Pemkab Sintang