Tokoh Pembangunan, Cornelis Kebanggaan Rakyat Kalbar

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Tokoh Pembangunan, Cornelis Kebanggaan Rakyat Kalbar

Sepuluh Tahun Tidak Pecah Kongsi
Christiandy Sebut Cornelis Bijaksana

PONTIANAK, BRP - Masa jabatan Cornelis Christiandy tinggal menghitung hari, tepatnya selesai pada tanggal 14 Januari 2018 nanti. Selama 10 tahun memimpin Kalimantan Barat, Gubernur Cornelis dan Wakil Gubernur Christiandy Sanjaya, bersyukur karena tidak pecah kongsi. “Selama 10 Tahun ini bimbingan Pak Cornelis dan Ibu, kami sekeluarga terima kasih. Kami bisa akur sampai di detik-detik bahkan nanti sampai purna tugas, karena beliau (Cornelis) sangat bijaksana membimbing dan termasuk orang tua saya. (Cornelis) Ini pelajaran etika berpolitik untuk kita semua. Banyak yang pecah kongsi tapi kami tidak. Kami tidak bisa berbuat apa apa tanpa ASN, pimpinan Pak Sekda. Selama 10 tahun kalbar aman kondusif sehingga kita terus membangun, IPM naik, penghargaan ratusan, bahkan berkarung-karung sampai penghargaan Dunia Internasional. Kita sampai selesai terus bertugas. Kita semua yakin cinta damai kita yakin tetap kondusif kita terus ingin membangun kalbar ini.” Ujar Christiandy Sanjaya, ketika bersama Cornelis, diatas panggung ramah tamah HUT ke-61 Pemprov KAlbar, di Halaman Kantor Gubernur Kalbar, Kamis (11/1).
Demikian juga Cornelismengucapkan terimakasih karena mereka berdua diakuinya mengerjakan tugas sesuai fungsi baik Gubernur maupun Wakil Gubernur, sehingga pembangunan berjalan lancar. Dirinya mengucapkan terima kasih kepada unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang sudah membantu kerja mereka selama dua periode tanpa ada gesekan."Selama ini, kita bisa saling bahu-membahu membangun negeri. Dengan departemen maupun non departemen. Selama 10 tahun berjalan dengan normal dan baik," jelasnya.
Di hadapan ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) jajaran pemerintah provinsi Kalimantan Barat,dan peserta upacara lainnya, Cornelis mengatakan sebagai aparatur sipil negara (ASN) harus mematuhi Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, dan UUD 1945 karena hal itu adalah alat pemersatu bangsa. Setelah dua periode menjabat sebagai gubernur dirinya mengucapkan terimakasih kepada seluruh ASN dilingkungan Pemprov Kalbar baik kabupaten/kota maupun yang berada di kantor gubernur dan dinas-dinas.
"Selamat ulang tahun Pemprov  Kalbar ke-61 tahun. Saya ucapkan terimakasih dan penghargaan yang setulusnya. Budi baik kalian semua hanya Tuhan yang bisa membalasnya. Nanti ada PJ gubernur, kalian harus menyesuaikan seleranya, karena watak orang yang beda-beda. Selain mengucapkan terimakasih juga mohon maaf. Selama ini kami sudah berpasangan 10 tahun tidak pecah kongsi, kalau banyak kekurangan mohon  dimaafkan. Semoga bapak ibu bisa melanjutkan karier nya dengan profesional," harapnya.

Selain itu, sebagai Gubernur Climate Change Forest juga sebagai Inisiator bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Cornelis berpesan dalam menghadapi perubahan Iklim, masyarakat tetap menjaga hutan, “Saya mohon dengan hormat kepada masyarakat kita untuk tetap menjaga hutan, karena bila hutan habis dunia ini akan kiamat, harus bangga jadi orang Kalbar bisa menentukan dunia ini kiamat atau tidak kiamat, apabila tidak dijaga dengan baik, 2050 diperkirakan panas bumi akan naik 1-2 derajat Celsius.” Pungkas Cornelis.

Redaksi Betang Raya Post Firmus