Sintang Membangun

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Sintang Membangun

DIALOG PEMBANGUNAN BERSAMA BUPATI

SINTANG, BRP -  Bupati Sintang, dr. H. Jarot Winarno, M.Med.Ph bersama Ketua DPRD Sintang, Jeffray Edward dan sejumlah kepala OPD gelar dialog pembangunan dengan masyarakat Tempunak Hulu di balai desa Merti Jaya, Kecamatan Tempunak, Sintang Kalimantan barat. Selasa, 30/1/2018 malam.

Bupati paparkan capaian usaha yang telah dilakukan pemerintah mengenai pembangunan jalan dan jembatan, listrik hingga pemekaran daerah.

Menanggapi penyampaian masyarakat, Jarot menjelaskan bahwa pemerintah daerah Sintang sudah menyurati gubernur sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat, melayangkan surat kepada Menteri Pendidikan, untuk audiensi, namun langkah ini belum terlaksana,

menghimbau kepada seluruh kepala sekolah dan pengawas, agar pembayaran honor, tidak berdasarkan jam mengajar, karena dengan adanya GGD tentu berdampak pada berkurangnya jam mengajar guru honor dan tahun 2018, pemda akan membuka honor kontrak daerah untuk 100 orang.

“Seleksinya akan sedang kita siapkan dan diutamakan desa-desa yang jauh dan terpencil. Prioritas pada guru-guru yang sudah lama honor, setidaknya diangkat honor kontrak daerah ". Ucap Jarot.

Berbagai pertanyaan pun disampaikan masyarakat, salah satunya Yakobus Unak warga Sungai Buluh menyampaikan usulan agar diupayakan pengawalan penggunaan dana desa oleh aparat TNI.

Selain itu, Tonimus, ketua adat di Desa Jaya Mentari menyampaikan  permintaan untuk diperhatikan masalah santunan.

Jeffray, ketua DPRD Sintang sekaligus Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Sintang menjelaskan bahwa pihaknya telah berupaya sedemikian rupa untuk memperjuangkan aspirasi dari masyarakat. Semua masukan masyarakat sudah disampaikan ke pemerintah.

" Saya berharap, desa-desa mau mengusahakan santunan yang layak, meskipun jumlahnya mungkin baru bisa kecil-kecil, agar kita tidak terlalu menggantungkan diri semua hal ke APBD ".Himbaunya.

Robiantinus Hermanto
Sumber : Humas Setda Sintang