Bupati Rupinus Buka Lomba Desa Tingkat Provinsi Di Desa Selalong

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Bupati Rupinus Buka Lomba Desa Tingkat Provinsi Di Desa Selalong

Oleh :  Ka. Biro Betang Raya Post Sekadau
(Asmuni)

SEKADAU, BRP - Desa Selalong Kecamatan Sekadau Hilir salah satu pemenang lomba desa se-Kabupaten Sekadau  mewakili Kabupaten Sekadau untuk lomba desa tingkat Provinsi Kalimantan Barat, Selasa (17/4/18).

Kepala Desa Selalong Jelani, dalam sambutannya katakan Desa Selalong di mekarkan pada tanggal, 16 April 2013. "Selamat datang kepada Bapak Bupati Sekadau beserta rombongan dan  rombongan tim penilaian lomba desa dari Provinsi Kalimantan Barat," ucapnya.

Selanjutnya ia katakan, mata pencaharian masyarakat Desa Selalong sebagian besar adalah petani. Dikatannya, Desa Selalong ada 12 kelompok tani dan komunitas unggulan adalah sawit, karet dan sayur-sayuran.

Dari aspek kesehatan, Desa Selalong juga  tergolong Desa Open Defecation Free (ODF) atau stop buang air besar. Desa Selalong adalah penerima beras sejahtera (rastra) hanya 9 KK yakni penerima terkecil dikabupaten sekadau.

Hari ini, juga merupakan sejarah baru bagi Desa Selalong karena Desa kami telah lolos administrasi dalam mengikuti lomba desa tingkat Provinsi.

"Terima kasih atas dukungan dan binaan dari pemerintah daerah Kabupaten Sekadau dan kepada Camat Sekadau Hilir selama ini," ucap Jelani.

Bapak Drs. Y. Alek Sander, M.SI Kepala Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Kalimantan Barat katakan, juara tingkat provinsi akan mendapat penghormatan menjadi juara regional. Pada bulan Oktober nanti akan diberi kesempatan untuk ke bali.

"Saya mengucapkan selamat yang setinggi - tingginya kepada Desa Selalong yang bisa lolos untuk mengikuti lomba desa tingkat provinsi. Lomba desa menjadi tolak ukur untuk melihat perkembangan tentang desa. Terimakasih kepada Kabupaten Sekadau sehingga sampai hari ini laporan tentang penyimpangan dana desa hampir tidak ada.

"Mudah-mudahan Desa Selalong yang usianya masih baru, mampu mengukir sejarah baru bagi Kabupaten Sekadau," ucapnya.

Selain itu ia katakan bahwa, Kalimantan Barat secara nasional sudah seratus persen melakukan sistem siskeudes.

Selanjutnya sambutan dari Bupati Sekadau Rupinus, yang sekaligus membuka lomba desa tingkat provinsi katakan, apresiasi atas Desa Selalong yang sudah bisa lolos mengikuti lomba desa tingkat provinsi Kalimantan Barat.

"Selamat kepada Desa Selalong, desa baru kantor juga baru yang sudah lolos masuk lomba desa tingkat provinsi mewakili Kabupaten Sekadau. Terima kasih juga atas kehadiran tim penilai lomba desa dari provinsi.
Kepada masyarakat Desa Selalong atas persiapan dan partisipasinya saya ucapkan terima kasih," ucap Bupati Rupinus.

Menghadapi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar 2018 ini, mari kita jaga persatuan dan kesatuan jangan mudah percaya dengan berita hoax yang tidak jelas dan berita yang memecah belah persatuan dan kesatuan kita, supaya daerah kita ini tetap kondusiv, aman dan tentram serta tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan," pesannya.

Hadir dalam kegiatan ini, Bupati Sekadau Rupinus, SH, M.Si beserta Istri, Wakil Bupati Sekadau Aloysius, SH, M.Si beserta Istri, Rombongan tim penilaian lomba desa dari Provinsi, Ketua DPRD Kabupaten Sekadau Albertus Pinus, S. Sos, MH, anggota DPRD dari Fraksi Partai Hanura Abun Tono, SP, Kapolres Sekadau Anggon Salazar Tarmizi, DANRAMIL (diwakili), Forkopimda, Camat Sekadau Hilir (diwakili), Tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya.