Simulasi Matangkan Kerjasama Penanggulangan Karhutla

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Simulasi Matangkan Kerjasama Penanggulangan Karhutla


KAPUAS HULU, BRP - Polres Kapuas Hulu menggelar simulasi penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Simulasi tersebut adalah bagian dari Apel Gelar Opspol Kewilayahan Bina Karuna Kapuas 2018, yang dilaksanakan di Halaman Mapolres Kapuas Hulu, Kamis (12/4). Jajaran Forkompinda Kapuas Hulu turut serta dalam simulasi tersebut.

Kapolres Kapuas Hulu AKBP Imam Riyadi, S.IK, MH melalui Wakapolres, Kompol R. Ricky Pratidiningrat, S.IK, MH mengatakan, pihaknya mengadakan simulasi pemadaman Karhutla untuk memaksimalkan upaya pencegahan. Melalui simulasi tersebut ada langkah-langkah yang sudah dipersiapkan dari Polres dan Polsek untuk menangani hot spot. "Meski belum ada laporan karhutla, ini kita persiapkan untuk penanganannya kedepan", ujarnya.

Lebih lanjut, Wakapolres menjelaskan, simulasi hendaknya bisa memantapkan cara pemadaman api, sebab pemadaman tersebut melibatkan berbagai lembaga seperti Pol PP, Tagana, Manggala Agni, termasuk unsur TNI-Polri dan masyarakat.

"Bagi masyarakat dihimbau untuk tidak melakukan pembakaran hutan. Karena akibatnya berbahaya, tidak hanya bagi diri sendiri tetapi juga orang lain," ujar Wakapolres.

Selain itu, Undang-undang Perkebunan Nomor 39 Tahun 2014, juga telah menetapkan sanksi. Tepatnya pada pasal 108, setiap pelaku usaha perkebunan yang membuka dan atau mengolah lahan dengan cara membakar, dapat dipidana dengan pidana penjara paling lama 10 tahun penjara dan denda paling banyak 10 milyar.

Penulis : Anes