Dihadiri Dayak Tingkat Dunia, Belasan Ribu Masyarakat Adat Dayak Meriahkan PGD ke 33 Tahun 2018

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Dihadiri Dayak Tingkat Dunia, Belasan Ribu Masyarakat Adat Dayak Meriahkan PGD ke 33 Tahun 2018

PONTIANAK, BRP - Belasan Ribu masyarakat adat Dayak menghadiri acara pembukaan pekan Gawai Dayak ke 33 di Rumah Radakng Pontianak, Minggu (20/5/2018).

Selain masyarakat adat Dayak di Kalimantan Barat, turut hadir utusan masyarakat adat Dayak di berbagai belahan Nusantara dan mancanegara.

Tercatat kurang lebih 600 orang masyarakat Dayak dari Sarawak Malaysia menghadiri kegiatan Pekan Gawai Dayak Nasional ke-33 yang dilaksanakan di Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

"Kami dari suku Dayak yang ada di Sarawak Malaysia hadir sebanyak 600 orang lebih. Kami sengaja datang, untuk memeriahkan Gawai ini bahwa setiap tahunnya kita selalu hadir," kata Ketua Rombongan Masyarakat Dayak Sarawak Malaysia, Wiliam di Pontianak, Minggu (20/5/2018).


Kegiatan itu sangat luar biasa karena bisa mempertemukan setiap sub Suku Dayak dari berbagai negara.

"Saya mewakili Dayak yang ada di Malaysia menyampaikan salam silahturahim kepada semua suku Dayak yang hadir disini. Kami merasa seperti balik ke kampung sendiri setiap mengikuti kegiatan ini," tuturnya.

Di Sarawak mereka tidak bisa melihat perkumpulan seperti ini bahwa semua masyarakat Dayak bisa bersatu dan menggelar kegiatan besar seperti ini sehingga dia merasa kegiatan ini sangat luar biasa.

Wiliam menegaskan, dengan hadirnya ribuan suku Dayak dari berbagai penjuru dunia, menunjukkan bahwa Dayak hidup selalu dan tetap ada ditengah kemajuan zaman.

"Untuk itu, tahun depan kita targetkan, suku Dayak dari Malaysia akan datang lebih banyak lagi agar kita bisa berkumpul bersama menyukseskan kegiatan ini," tuturnya.


Ketua Panitia PGD ke-33, Andreas Lani mengatakan, PGD ke-33 ini tidak hanya dihadiri oleh keluarga besar Dayak yang ada di Indonesia, tetapi juga dari negara tetangga seperti Malaysia dan Brunei Darusalam.

Selain itu, juga dihadiri oleh perwakilan negara sahabat seperti Australia, Amerika, Belgia, Filipina dan lain sebagainya.

"Ini membuktikan bahwa Gawai ini bukan hanya berskala lokal, tetapi sudah menjadi kegiatan nasional bahkan internasional. Kami sangat berterimakasih kepada saudara kita yang telah datang jauh-jauh untuk memeriahkan kegiatan ini," katanya. 

Disisi lain, kabupaten Sanggau juga mengirim ratusan orang. Para unsur pimpinan tingkat kabupaten dan kecamatan. 

Acara hebat dan sukses.