Warga Bedigong Janji Tidak Melakukan Aktivitas PETI

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Warga Bedigong Janji Tidak Melakukan Aktivitas PETI

SANGGAU, BRP - Menindaklanjuti Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI), Polsek Bonti melakukan langkah preventif ( pengawasan ) dan langkah represif ( penerapan sanksi ) dengan melakukan dialog dengan masyarakat dusun Bedigong desa Majel kecamatan Bonti Selasa  (1/5/ 2018).
Dialog tersebut berlangsung di rumah adat dusun Bedigong yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Bonti.
Dalam dialog tersebut Kapolsek Bonti menghimbau kepada masyarakat agar tidak ada lagi aktifitas yang berkaitan dengan kegiatan PETI lagi.
Dialog di hadiri oleh para tokoh adat dan tokoh masyarakat dusun Bedigong serta warga dusun bedigong sekitar 30 orang perwakilan masyarakat bedigong, tersebut membuahkan kesepakatan di antaranya.
Para Tokoh adat dan masyarakat Bedigong berjanji tidak akan melakukan aktifitas PETI dan atau memberikan ijin membuka peti kepada warga lainnya dan Para warga dusun Bedigong mengakui kesalahan dan meminta maaf kepada aparat penegak hukum.
Dialog tersebut di benarkan oleh Kapolres Sanggau AKBP Rachmat Kurniawan bahwa pihak dan jajarannya untuk saat ini berharap tidak lagi kegiatan PETI karena kegiatan tersebut melanggar hukum, salah satunya yaitu Pasal 158 UU RI No. 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara.