Apa makna Pancasila bagi anda?

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Apa makna Pancasila bagi anda?

Laporan Wartawan Betang Raya Post Biro Landak: William Leo

LANDAK, BRP - 1 Juni merupakan hari penting bagi Negara Indonesia. Negara yang hidup dengan semangat NKRI dan Pancasila pastinya.

Panca adalah Lima dan Sila adalah Prinsip jadi jika mengutip Pernyataan Presiden pertama kita, Soekarno yang berarti Pancasila adalah lima prinsip yang menjadi kekuatan Negara kita yang tertuang dalam setiap butir silanya.

Lantas apakah makna Pancasila bagi orang-orang?

Salah satunya adalah Dodon yang juga Kasubbag Perencanaan, Keuangan, dan Pelaporan di Dinas Kominfo Kab. landak dan Rapit Ketua P.O.A.R yang merupakan salah satu OrMas di Kabupaten Landak.

"Dengan hari lahir Pancasila hendaknya momen ini sangat dimaknai didalam sendi - sendi kehidupan seluruh bangsa Indonesia yang beradab dan bermartabat.  Hal ini tentunya dimulai dari kehidupan sehari-hari mulai dari keluarga kita. Tidak cukup sampai disitu saja, melalui momen penting ini mari kita refleksikan dikehidupan nyata kita agar bangsa Indonesia terhindar dari perpecahan," Tutur Dodon BRP saat dikonfirmasi VIA WA (1/6/2018) Jum'at siang.

Senada dengan Dodon, Rapit juga berkomentar pentingnya makna dari Pancasila itu sendiri.

"Pancasila merupakan lambang dan simbol pemersatu kita, dari berbagai kalangan etnis, ras, suku dan agama,untuk tetap menjunjung tinggi rasa persatuan dan kesatuan demi kokohnya NKRI, dimana juga Pancasila juga merupakn ideologi bangsa Indonesia yang tertulis didalamnya asas dan dasar, serta butir sila yang menganut pada keTuhanan yang Maha Esa  serta pemersatu Bhineka Tunggal Ika dimana kita berbeda beda tetapi tetap satu, dgn semangat 1 juni inilah, kita lahirkan kembali nilai-nilai Pancasila, nilai persatuan agar tertanam erat didalam hati dan sanubari kita sebagai anak bangsa dan generasi anak bangsa.  NKRI adalah harga mati dan panca sila tetap sebagai lambang dan dasar ideologi bangsa dan negara indonesia.selamat hari lahirnya Pancasila 1 juni 2018," ungkap Rapit pada BRP.

Lantas apa makna Pancasila bagi anda?