Bawaslu Kabupaten Sanggau Rekomendasi Perbaikan DPT

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Bawaslu Kabupaten Sanggau Rekomendasi Perbaikan DPT

Oleh: Firmus

SANGGAU, BRP - Ketua Bawaslu Kabupaten Sanggau, Inosensius menyampaikan, pihaknya merekomendasi perubahan daftar pemilih tetap (DPT) pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sanggau tahun 2018.

“Bawaslu sudah mengeluarkan surat terkait perbaikan DPT tadi siang kepada KPU Sanggau. ada beberapa point yang direkomendasikan, pemilih tambahan, pemilih baru, DPT Ganda, pemilih yang belum terdaftar dan usukan percetakan surat suara tambahan, ” katanya, Senin (4/6/2018).

Dikatakanya, pihaknya mengantongi data lengkap terkait kecamatan mana saja yang terdapat DPT ganda, pemilih tambahan, pemilih baru dan pemilih yang belum terdaftar.

“Terdapat pemilih ganda ada di kecamatan Kapuas, Meliau, Kembayan, Beduai, Tayan Hulu. Dan pemilih baru ada di Beduai, ” jelasnya.

Ino menambahkan, berdasarkan intruksi Bawaslu Provinsi Kalbar dan koordinasi dengan KPU kabupaten Sanggau, maka dengan ini Bawaslu kabupaten Sanggau merekomendasikan perbaikan daftar pemilih tetap (DPT) dengan berbagai pertimbangan.

“Bahwa ada pemikiran dan kesepahaman yang sama terkait hak konsulutasi warga adalah hal yang diutamakan dan besarnya pemilih potensial sehingga surat suara tidak cukup akan masuk menjadi DPT-b, ” ujarnya.

Selain itu, bahwa sebagaimana surat edaran komisi pemilihan umum nomor 529 tahun 2018 tentang penyampaian hasil pencermatan data pemilih AC KWK pemilihan 2018 sebagai dasar untuk diadakan perbaikan DPT.

“Bahwa KPU Provinsi Kalbar sudah menyampaikan surat permohonan rekomendasi kepada Bawaslu Provinsi Kalbar nomor 140/PP.07.3-SD/61/Prov/2018. KPU Provinsi Kalbar mengagendakan untuk DPT perbaikan tanggal 6 Juni 2018 dan kabupaten/kota tanggal 4 sampai 5 Juni 2018, ” pungkasnya.

Terkait rekomendasi perbaikan DPT dari Bawaslu Sanggau, Ketua KPU kabupaten Sanggau, Sekundus Ritih menyampaikan, pihaknya akan menggelar rapat pleno perbaikan DPT.

“Iya, besok pukul 10.00 Wib akan ada pleno perbaikan DPT di aula KPU Sanggau. Tempo hari jumlah DPT pada Pilkada serentak tahun 2018 di kabupaten Sanggau sebanyak 299.956, ” katanya, Senin (4/6/2018).