Bawaslu Sanggau Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Bawaslu Sanggau Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif

Oleh: Firmus

SANGGAU, BRP - Bawaslu kabupaten Sanggau menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif dalam rangka pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar, Bupati dan Wakil Bupati Sanggau tahun 2018 di halaman kantor Bawaslu Sanggau, Minggu (10/6). Acara dirangkai dengan Launching Pojok Pengawasan.

Kegiatan dihadiri langsung Ketua Bawaslu Kalbar, Ruhermansyah, Ketua Bawaslu Sanggau, Inosensius didampingi Komisioner Bawaslu, Alipius dan Ahmad Zaini, Kepala Sekretariat Bawaslu, Hero Wasis.

Selain itu juga dihadiri Lurah se-kecamatan Kapuas, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, tokoh adat, dan Panwascam serta steakholder terkait lainya.

Ketua Bawaslu Kalbar, Ruhermansyah menyampaikan, melalui sosialisasi ini, pihaknya mengajak seluruh elemen masyarakat, baik itu organisasi kemasyarakatan, organisasi mahasiswa, kepemudaan, lembaga keagamaan, lembaga adat untuk sama-sama mengawasi dan mengawal penyelengaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Sanggau.

“Karena kami tidak akan mampu berbuat yang terbaik tanpa didukung semua steakholder, karena keterbatasan SDM, keterbatasan rentang kendali, ” tuturnya.

Dengan melibatkan seluruh steakholder yang ada, kita berharap, pengawasan akan lebih jauh efektif dan lebih besar. Dengan demikian, segala bentuk pelanggaran akan mudah atau segera untuk dicegah.

“Kemudian, kalau ada pelanggaran akan mudah untuk didiktek dan segera dilaporkan, ” ujarnya.

Dikatakanya, dengan adanya kegiatan ini juga, diberikan sosialisasi pemahaman kepada masyarakat terkait dengan apa yang mereka harus lakukan pada pemungutan dan perhitungan suara serta pada saat pergerakan logistik nanti.

Dalam kesempatan ini juga, Ruhermansyah berharap kepada seluruh jajaran Bawaslu agar melaksanakan tugas dengan penuh tanggungjawab dan penuh profesionalitas.

“Tentu diisi dengan kemampuan dan keterampilan. Segala kemampuan dan keterampilan senantiasa dikuatkan. Kemudian, mereka juga bersikap netral dan menegakkan integritas. Apabila itu dilaksanakan dengan baik maka insyallah pengawasan penyelengaraan akan menjadi berkualitas dan berintegritas, ” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Sanggau, Inosensius menyampaikan, sosialisasi dilakukan dalam rangka meningkatkan kapasitas pengawasan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sanggau serta Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar.



Foto:Ketua Bawaslu Kalbar, Ruhermansyah saat menyampaikan sambutanya diacara sosialisasi pengawasan partisipatiif dalam rangka pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar, Bupati dan Wakil Bupati Sanggau tahun 2018 di halaman kantor Bawaslu Sanggau, Minggu (10/6).