Bhayangkari Cabang Sanggau Budidaya Jamur Tiram

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Bhayangkari Cabang Sanggau Budidaya Jamur Tiram

Oleh: Firmus

SANGGAU, BRP - Ketua Bhayangkari Cabang Sanggau Ny Yuyun Rachmat Kurniawan dan anggotanya memantau perkembangan jamur tiram, Rabu (7/6/2018) sore di komplek belakang Mako Polres Sanggau.

Terlihat beberapa bungkusan sudah mulai berhasil.

Diperkirakan dalam waktu dekat ini sudah panen dan terus dikembangkan.

Seperti yang dirilis sebelumnya  bahwa Jamur tiram adalah salah satu jenis jamur yang sering dikonsumsi. Jenis jamur yang satu ini berwarna putih dengan ukuran yang cukup lebar. Jamur tiram sering dijadikan banyak olahan makanan, salah satunya adalah dijadikan keripik yang nikmat sebagai camilan. Rasanya yang nikmat tidak mengalahkan kandungan kesehatannya yang cukup banyak. Jika Anda mengonsumsi jamur ini dengan rutin, maka Anda akan mendapatkan tubuh yang lebih sehat.

Nutrisi yang ada pada jamur tiram terdiri dari fosfor, zat besi, magnesium, kalsium, kalori, lemak, vitamin C, vitamin B, protein, dan juga asam lemak tak jenuh. Semua kandungan tersebut bisa Anda dapatkan hanya dengan mengonsumsi jamur. Selain itu, beberapa jenis asam amino juga terkandung dalam jamur tiram, seperti leusin, metinin, valin, isoleusin, dan masih banyak lagi. Jadi, masihkah Anda ragu untuk mengonsumsi jamur tiram sebagai sumber makanan sehat?

Agar tidak salah dalam memahami manfaat dan khasiat jamur tiram, kami berikan rincian penjelasan tentang beberapa kegunaan jamur ini untuk kesehatan Anda. Berikut ini informasinya.

1. Menyehatkan janin
Khasiat jamur tiram yang pertama adalah menyehatkan janin. Bagi ibu hamil, mengonsumsi makanan yang sehat itu perlu. Salah satu makanan yang patut dikonsumsi ibu hamil yaitu jamur sehat ini. Kandungan alami dalam jamur ini akan membantu tumbuh kembang janin sehingga dapat mencegah kelahiran yang cacat.

2. Mencegah tumor
Khasiat jamur tiram yang juga tidak kalah pentingnya yaitu mencegah munculnya tumor dalam tubuh. Tumor adalah salah satu penyakit yang membahayakan dengan ciri-ciri yang cukup sulit untuk dikenali sebelum dilakukan pemeriksaan yang detail. Untuk mencegahnya dari sekarang, konsumsilah jamur ini.

3. Anti oksidan alami
Khasiat jamur tiram juga bagus untuk untuk mencegah efek radikal bebas yang sering mengganggu kesehatan tubuh. Jamur sehat ini mengandung banyak sifat anti oksidan alami yang ampuh dalam melindungi tubuh Anda. Beberapa penyakit yang muncul karena radikal bebas bisa Anda usir serangannya.

4. Menurunkan kolesterol
Khasiat jamur tiram juga dapat menjadi sumber makanan yang membantu tubuh dalam menurunkan tingkat kolesterol berlebih. Jika Anda mengidap kolesterol jahat yang lumayan banyak di dalam tubuh, Anda perlu mengurangi mengonsumsi daging merah dan mulai memakan jamur ini dengan rutin setiap harinya.

5. Sumber protein
Manfaat jamur tiram dapat menjadi sumber protein yang menyehatkan. Tubuh Anda membutuhkan sejumlah protein alami yang berasal dari tumbuhan, atau disebut dengan protein nabati. Anda tidak memerlukan berbagai macam makanan yang mahal atau pun sulit dicari untuk memberikan asupan protein, cukup dengan jamur ini saja.

6. Mencegah penyakit hipertensi
Salah satu penyakit yang dapat dicegah dengan jamur tiram adalah hipertensi. Jamur sehat ini akan dengan alami menurunkan tekanan darah di dalam tubuh Anda sehingga gejala hipertensi dapat di atasi. Ada baiknya Anda memakan jamur ini mulai dari sekarang, jangan menunggu sampai hipertensi muncul.

7. Anti kanker payudara
Manfaat jamur tiram untuk para wanita akan sangat berkhasiat, terutama dalam menjaga kesehatan payudara. Jamur ini dipercaya dapat mencegah penyakit kanker yang menyerang payudara karena gabungan nutrisinya ampuh untuk melindungi payudara dari kerusakan sel yang dapat memicu kanker.

8. Mencegah kuman dan bakteri
Fungsi lainnya dari jamur tiram yaitu sebagai sumber makanan yang dapat mencegah kuman dan juga bakteri. Bakteri, kuman, maupun virus merupakan sumber segala penyakit yang sering menimbulkan penyakit kronis dan serius. Sebisa mungkin Anda perlu memberikan perlindungan yang baik ke tubuh dengan cara yang alami.

9. Anti kanker prostat
Selain kanker payudara, khasiat jamur tiram juga bermanfaat untuk kaum adam. Jamur lezat ini dapat mencegah berbagai jenis kanker, salah satunya kanker prostat yang sering menyerang banyak pria. Dengan mengonsumsi jamur ini, kesehatan pria akan meningkat terutama dalam hubungan intim.