Wah, Jembatan Pak Kasih ada sampahnya!

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Wah, Jembatan Pak Kasih ada sampahnya!

Laporan Kontributor Betang Raya Post Biro Landak : Dora Afriyani

TAYAN HILIR, BRP - Jembatan Pak Kasih yang terletak di Kecamatan Tayan Hilir  selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Kalimantan Barat Khususnya Sanggau.

Jembatan yang mempunyai panjang kurang lebih dua kilometer yang melangkah Sungai Kapuas serta menghubungkan Desa Piasak dan Pulo Tayan ini selalu ramai untuk dikunjungi oleh wisatawan baik dalam ataupun luar Kabupaten Sanggau.

Panorama alam maupun keindahan Sungai Kapuas menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Hanya saja, keindahan alam dan uniknya jembatan harus sedikit terganggu karena sepanjang pinggiran jalan pada jembatan terdapat sampah sampah plastik bekas makanan maupun minuman.

Belum lagi sampah yang berterbangan dapat langsung jatuh di arus Sungai Kapuas dan dapat membuat Sungai menjadi tercemar.

Tidak adanya tempat pembuangan sampah serta tidak taatnya para pedagang yang ingin mengambil untuk semata tanpa memperhatikan lingkungan.

Salah satu pengunjung Yani mengatakan bahwa pentingnya tempat tempat sampah dipinggiran jembatan agar jembatan tetap bersih dari sampah dan sungai tidak langsung tercemar.

"Disini perlu tempat sampah pak, gak bagus juga kalau jembatannya bagus tapi banyak sampah apalagi kalau smapai jatuh ke Sungai, bisa Kotor," tuur Yani pada BRP (10/6/2018) Minggu siang.

Pemda Sanggau memang sudah mengghimbau serta memasang Rambu untuk tidak berdagang sepanjang jalan jembatan. Namun lemahnya membuat pengunjung atau pedagang bisa bebas membuang sampah.

Semoga nantinya Pemda Sanggau khususnya Kecamatan Hilir dapat mengawasi dengan cermat sebelum sampah sampah menjadi pemandangan yang tidak baik.