Aloysius Buka Gawai Dayak Sub Suku Taman Desa Sungai Lawak Sekadau

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Aloysius Buka Gawai Dayak Sub Suku Taman Desa Sungai Lawak Sekadau

Oleh :Ka. Biro Betang Raya Post Sekadau, Asmuni

SEKADAU, BRP - Sub suku dayak taman kecamatan Nanga Taman Kabupaten Sekadau adakan Gawai dayak yang ke IV di desa Sungai lawak Jum'at (27/7/18).

Temenggung adat sub suku dayak taman, Yusup  Alip mengatakan, gawai dayak sub suku dayak taman dimulai dari tahun 2013.  Sub suku dayak taman ada didua zona yakni di Kabupaten Sekadau dan di Kapuas hulu," ucapnya.

Tujuan dilaksanakan gawai dayak sub suku taman ini kata dia, untuk melestarikan adat budaya suku taman. Gawai pertama kali sub suku dayak taman dilaksanakan di desa Sungai lawak pada tahun 2013.

Saat gawai pertama, ada kesepakatan dari 8 desa sub suku dayak taman agar pelaksanaan gawai dayak sub suku taman diadakan secara giliran dengan cara cabut undi," paparnya.

Selanjutnya sambutan Wakil Bupati Sekadau Aloysius, SH, M.Si mengatakan pemerintah daerah Kabupaten Sekadau apresiasi atas pelaksanaan gawai dayak sub suku dayak taman. Karna lewat gawai dayak ini bisa untuk menggali nilai-nilai adat budaya kita. Gawai dayak bukanya hanya makan dan minum tetapi juga diadakan perlombaan dan kaerifan lokal seni dan budaya daerah setempat.

"Semoga dengan pelaksanaan gawai dayak sub suku taman yang ke IV ini bayak budaya-budaya yang dimunculkan," ucap Aloysius.

Terimakasih atas penyambutan rombongan kami dari sekadau dan kepada para panitia gawai.

"Semoga gawai ini banyak manfaatnya bagi kita semua," ucapnya.

Setelah selesai sambutannya, Wakil Bupati Sekadau Aloysius langsung membuka acara gawai dayak sub suku taman yang ke IV dengan ditandai pemukulan gong sebanyak 7 kali.

Hadir dalam acara tersebut, unsur Forkopimda Kabupaten Sekadau, anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat dapil VI Sanggau-Sekadau dari Partai Demokrat, Camat Nanga Taman, Kapolsek Nanga Taman bersama anggota, DANRAMIL Nanga Taman dan para undangan.