Hutan di Sanggau Kebakaran Hebat, Satu Orang Tersangka Sudah Ditangkap Polisi

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Hutan di Sanggau Kebakaran Hebat, Satu Orang Tersangka Sudah Ditangkap Polisi

SANGGAU, BRP - Satu orang warga Sanggau akhirnya ditangkap polisi, Rabu (25/7/2018). Penangkapan ini terkait terbakarnya hutan dan lahan di sekitar tempat tinggalnya di daerah Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat.

Petugas sempat tegang saat melakukan penangkapan karena dikelilingi warga setempat yang ingin melihat langsung aksi penangkapan tersebut.

Dibantu anggota TNI, akhirnya tersangka diamankan dan di giring ke Mapolres Sanggau menggunakan sepeda motor guna penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut.

Pengakuan tersangka pembakaran bahwa dirinya tidak sengaja membakar, karena awal mulanya api itu kecil, namun saat ini musim kemarau dan ada angin membuat api bertambah besar dan tidak mampu dikendalikan.

Setelah api membesar maka warga panik dan menghubungi aparat desa dan dilanjutkan ke tingkat kecamatan dan kabupaten Sanggau.

Tidak menunggu lama, tim penanggulangan bencana kebakaran Sanggau yang sudah terbentuk langsung turun ke lokasi kebakaran.

Dengan peralatan yang ada dan dibantu warga setempat akhirnya api dapat dijinakkan. Selang beberapa jam apipun padam.

Mengetahui hal itu, Kapolres Sanggau AKBP Imam Riyadi memerintahkan anggotanya tetap siaga penuh di lokasi kebakaran.

Kapolres menghimbau agar masyarakat tidak membakar secara serampangan karena bisa menyebabkan kebakaran hebat seperti ini.

"Jangan membakar secara serampangan,"tegas Kapolres Sanggau AKBP Imam Riyadi.

Ditempat yang sama, Bupati Sanggau Paolus Hadi mengaku prihatin atas kejadian ini. Sebagai bupati ia merasa kasihan melihat warganya, namun aturan yang sudah ada harus ditegakkan.

"Ini pengalaman, oleh sebab itu saya menghimbau kepada masyarakat untuk tidak membakar secara bebas dan serampangan, tolong jaga kelestarian lingkungan, hutan dan lahan kita,"himbau Bupati Sanggau Paolus Hadi.

Pembaca yang budiman, berita di atas itu bukanlah kejadian yang sesungguhnya, itu hanya simulasi saja, disela sela apel gelar pasukan Ops Karuna II Sanggau 2018. Semoga bermanfaat.

Salam dari redaksi Betang Raya Post Firmus