Kamang Sekadau Adakan Ritual Tolak Bala

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Kamang Sekadau Adakan Ritual Tolak Bala

Oleh :Ka. Biro Betang Raya Post Sekadau, Asmuni

SEKADAU, BRP - Selesai pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar 2018 pada tanggal 27 Juni lalu, relawan Kamang pendukung paslon nomor urut 2 Karolin-Gidot adakan ritual tolak bala di tugu ayam jalan Panglima Naga komplek Pasar Baru Sekadau, Minggu (1/7/18).

Dalam acara tolak bala ini, relawan Kamang memotong seekor babi di tugu ayam tersebut dan setelah dipotong, kepala babi tersebut langsung diangkat, salah satu satu relawan Kamang langsung meminum darah babi segar yang baru saja dipotong.

Puluhan petugas keamanan dari Polres sekadau dan TNI hadir menyaksikan acara tersebut sampai acara ritual selesai.

Ketua Kamang Kabupaten Sekadau, Yohanes Anes mengatakan ritual tolak bala ini adalah untuk mengusir roh jahat atau niat jahat. Selain itu, ritual ini juga sebagai bentuk seruan perdamaian agar jangan sampai terjadi keributan setelah selesai pilkada.

Ia meminta kepada pihak yang semntara ini menang pada Pilgub dan Cawagub 2018 agar jangan memposting di medsos hal-hal yang bisa menimbulkan dan memancing kemarahan dari paslon lain yang kalah dalam perhelatan Pilgub dan Cawagub Kalbar tanggal 27 Juni 2018 lalu.

"Apalagi postingan yang mengejek tim Paslon yang kalah karna bisa menimbulkan masalah besar," kata Anes.

Memang, saat kita ketahui perhitungan suara pemilih Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar 2018 periode 2018-2023 belum ditetapkan oleh KPU Provinsi dan masih berdasarkan hitungan cepat (quick count).