Komisioner Bawaslu Terpilih, Harus Mengetahui Karekter dan Kondisi Setempat

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Komisioner Bawaslu Terpilih, Harus Mengetahui Karekter dan Kondisi Setempat

SINTANG - Pengamat Sosial, Politik dan Ekonomi Masyarakat,  Michell Eko Hardian,  SH. MH mengatakan Komisioner Bawaslu Terpilih, Harus Mengetahui Karekter dan Kondisi Setempat.

Oleh karena itu mesti juga diperhatikan dalam pemilihan ketua Bawaslu di seluruh Kabupaten/Kota untuk memilih ketua yang betul betul punya kemampuan, integritas dan keterikatan emosional yang kuat dengan karakter dan budaya lokal sehingga mampu mendeteksi sedini mungkin kecurangan yang dilakukan masyarakat.

Selain itu juga perlu memiliki posisi bergaining yang kuat dan dipercaya masyarakat, tanpa itu semua akan sulit untuk mengawasi segala bentuk kecurangan yang terjadi, karena jelas mereka yang melakukan kecurangan juga memiliki keberanian dan sangat berpotensi melakukan perlawanan terhadap apapun bentuk temuan pelanggaran terhadap mereka, yang digiring pada konflik yang meluas sehingga dapat menempatkan Bawaslu pada posisi sulit.

"Oleh karena itu penting sekali Ketua yang dipilih nanti harus paham karakter adat dan budaya lokal sehingga setiap persoalan mampu diselesaikan dengan baik," ucap Michell Eko Hardian, Sabtu (18/8/2018).

Karena Pemilu serentak ini,  ada beberapa kepentingan yang akan saling bersilangan dan tarik menarik,  yaitu kepentingan secara nasional (Koalisi Pilpres), kepentingan Internal Partai Politik,  Kepentingan Lokal (Kedaerahan,  Klan:kaum)  maupun kepentingan pribadi para Caleg yang akan saling tarik menarik, dengan berbagai cara termasuk cara cara curang.

"Oleh Karena itu,  kita sangat berharap Bawaslu sebagai Pengawas mampu menjaga dan mengawasi jalannya pemilu dengan LUBER dan JURDIL sehingga tercipta Pemilu yang berkualitas, meskipun lembaga ini,  lembaga yang baru," ujarnya. 

Tapi harus yakin bahwa dengan telah dilembagakannya Bawaslu ini hingga ke daerah Pemilu dapat semakin berkualitas dan mendapatkan pemimpin dan caleg yang berkualitas pula.