Mengawali Tugas Ditempat Baru, Kapolsek Ajak Anggota Patroli Karhutla

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Mengawali Tugas Ditempat Baru, Kapolsek Ajak Anggota Patroli Karhutla

SERAWAI,  BRP  - Ipda Rahmad Kartono, SH, MH selaku Kapolsek Serawai yang baru saja menjabat mengawali tugasnya dengan berpatroli pencegahan karhutla. Bersama jajaran dirinya berangkat dengan menggunakan kendaraan roda dua. Selasa (14/8).

Mengingat dalam beberapa minggu ini hujan tidak kunjung datang, serta sudah banyak lahan pertanian yang mengalami kekeringan di berbagai tempat. Kebakaran hutan dan lahan pun sudah mulai terpantau oleh satelit di beberapa titik di wilayah indonesia.

Berkaitan dengan hal tersebut, Kapolsek terjun langsung untuk menekan terjadinya pembakaran hutan dan lahan lebih luas. Seperti kita ketahui bersama bahwa pada tahun sebelumnya, umumnya masyarakat membakar lahan jika telah memasuki musim kemarau.

"Kita lakukan himbauan kepada masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar, karena dampak yang di timbulkan bisa merugikan kita semua bahkan sampai ke negara tetangga ikut terkena imbasnya."Kata Kapolsek

Dirinya juga mengatakan tidak akan segan segan untuk memproses secara hukum kepada para pelaku jika masih ada ditemukan yang membakar lahan sebagai efek jera.

"Saya berharap masyarakat dapat memahami situasi seperti ini, saya akan tindak tegas para pelakunya jika masih kedapatan membakar lahan." Tegasnya.

“Pelaksanaan patroli Karhutla ini sebagai wujud implementasi dari kebijakan Kapolda Kalbar sesuai maklumat Kapolda Kalbar nomor:MAK/02/II/2018, tanggal 21 Pebruari 2018 serta hasil rakor semua instansi terkait di Kodam XII Tanjungpura, ” pungkasnya.