Tugas dan Fungsi BNPP Entikong

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Tugas dan Fungsi BNPP Entikong

Laporan : Firmus 

ENTIKONG - Kepala Badan Nasional Pelayanan Perbatasan (BNPP) Entikong,  Viktorianus mengatakan, tugas utama BNPP adalah memberikan pedoman dan pengarahan terhadap usaha penanggulangan bencana yang mencakup pencegahan bencana, penanganan tanggap darurat, rehabilitasi, dan rekonstruksi secara adil dan setara.

Standardisasi dan kebutuhan penyelenggaraan penanggulangan bencana berdasarkan peraturan perundang-undangan. Menyampaikan informasi kegiatan penanggulangan bencana kepada masyarakat dan melaporkan penyelenggaraan penanggulangan bencana kepada Presiden setiap sebulan sekali dalam kondisi normal dan setiap saat dalam kondisi darurat bencana serta menggunakan dan mempertanggungjawabkan sumbangan/bantuan nasional dan internasional. 

Mempertanggungjawabkan penggunaan anggaran yang diterima dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara;Melaksanakan kewajiban lain sesuai dengan peraturan perundang-undangan; danMenyusun pedoman pembentukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

"Sedangkan fungsinya adalah perumusan dan penetapan kebijakan penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi dengan bertindak cepat dan tepat serta efektif dan efisien; dan Pengkoordinasian pelaksanaan kegiatan penanggulangan bencana secara terencana, terpadu, dan menyeluruh,"uungkap Viktorianus,  Rabu (8/8/2018) disela sela wawancara dengan beberapa dosen UI yang melakukan penelitian penanggulangan kejahatan transnasional di ruang kerjanya.  

Usai kegiatan di BNPP,  rombongan peneliti yang dipandu langsung oleh Agastya menyambangi kediaman pegawai kecamatan Entikong, Ayu.  

Pertemuan singkat itu cukup berarti karena membahas kegiatan pertemuan dengan para perangkat desa dan kecamatan serba tokoh masyarakat yang dilaksanakan Kamis (9/8/2018).