Menuju Sintang Lestari, Dosen Fak Hukum UNKA Bentuk Tim Penelitian

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Menuju Sintang Lestari, Dosen Fak Hukum UNKA Bentuk Tim Penelitian

Oleh: Firmus

SINTANG - Bupati Sintang Jarot Winarno, akan mewujudkan Kabupaten Sintang Lestari atau Kabupaten Hijau. Penekanan dalam mewujudkan Kabupaten Sintang sebagai Kabupaten lestari, meliputi empat hal utama, yaitu energi hijau untuk ketenagalistirkan, konservasi sumber air baku, komoditas berkelanjutan melalui program pengembangan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat atau p2emas, dan pemberdayaan petani sawit swadaya atau mandiri.

"Untuk merealisasikan visi bersama Kabupaten Sintang Lestari tersebut, langkah awal yang ditempuh dengan melakukan penyusunan Rencana Lanskap Kabupaten Sintang Lestari untuk masa satu tahun 2018-2019," ungkap Dosen Fak Hukum UNKA Sintang, Victor Emanuel, Sabtu (29/9/2018). 

Rencana lanskap tersebut meliputi empat tahapan, dan salah satu dari 4 apsek tersebut adalah melakukan studi latar belakang. Dalam Studi latar belakang ini untuk memperoleh gambaran yang nyata terkait empat aspek yaitu Sejarah dan  Budaya Masyarakat Sintang, Sumber Daya Alam dan Ekositem, Pembangunan Ekonomi, dan Ekonomi Berbasis Lahan,Tata Kelola Lahan dan RAPS, dan Pembangunan Ekonomi. 

Dalam Studi ini, di fasiltasi oleh CSF (Conservation Strategy Fund)  Indonesia dan melibatkan tenaga akademisi dari Universitas Kapuas Sintang.  Untuk Studi Sejarah dan Budaya Masyarakat Sintang dilakukan oleh Victor Emanuel (dosen FH Unka Sintang), untuk Studi Ekonomi Berbasis Lahan, Tata Kelola Lahan dan RAPS oleh Micheil Eko Hardian (Dosen FH Unka Sintang), untuk Studi Sumber Daya dan Ekosistem oleh Hendra Setiawan (dpsen FKIP biologi Unka Sintang), dan untuk Studi Pembangunan Ekonomi oleh Masiun ( Ketua AMAN Kalbar, direktur Ruai TV yang juga aktifis CU Keling Kumang). 

Kegiatan  studi sudah dimulai sejak bulan  April  2018. Dan pada tanggal 1 - 5 oktober 2018 akan dilanjutkan dengan kegiatan Lokakarya Perencanaan Skenario Kabupaten Sintang Menuju Kabupaten Lestari, yang pelaksanaannya bertempat di ruang pertemuan Ladja Hotel Sintang.