Marlina Lia, SH: Sehat Itu Penting

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Marlina Lia, SH: Sehat Itu Penting

Oleh : Marlina Lia, SH
Editor: Firmus


SANGGAU - Siapa yang tak terpesona dengan kecantikan perempuan Rusia? Mereka memiliki bentuk wajah, dan kulit yang khas dibandingkan perempuan Eropa pada umumnya. Rahasia kecantikan perempuan Negeri Beruang Merah ini selalu dipertanyakan. Nah, perempuan Rusia memiliki kebiasaan merawat kulit secara turun-temurun.

Senada dengan hal tersebut, dokter kepala di Internasional Institute of Aesthetic Medicine, Maya Kirillovna Kondrashova menjelaskan bahwa perempuan Rusia sudah terbiasa merawat diri sejak usia 12 tahun.

Tak heran, jika mereka memiliki kulit yang terlihat bersih dan sehat. Ternyata, mereka masih menerapkan cara tradisional dalam merawat tubuh. Yuk simak ulasan berikut:

1. Sauna

Sauna (banyas) menjadi salah satu upaya untuk menjaga kecantikan ala perempuan Rusia. Perawatan tubuh yang satu ini memang sudah populer sejak lama. Sauna dikatakan bermanfaat untuk membuka pori-pori kulit dan menghilangkan racun dalam tubuh. Selain itu, juga memberikan efek kulit menjadi lebih cerah dan bersih.

2. Body Wrap

Kamu pasti bertanya-tanya mengapa rata-rata perempuan Rusia memiliki tubuh yang langsing. Mungkin kamu juga mengira, mereka melakukan diet untuk menjaga pola makan. Namun, ternyata perempuan Rusia menggunakan metode body wrap untuk menjaga berat badan supaya tetap stabil.

Caranya dengan mengaplikasikan madu murni ke bagian tubuh yang ingin dikecilkan. Misalnya perut atau paha. Kemudian bungkus dengan cling wrap, lalu hangatkan tubuh dengan uap.

3. Masker wajah

Perempuan rusia juga rutin menggunakan masker lho! Mereka meracik masker dari bahan-bahan alami. Salah satunya,, masker stoberi. Caranya cukup mudah. Hancurkan beberapa buah stoberi lalu oleskan secara merata ke wajah.

Diamkan selama 30 menit. Lalu bilas dengan air bersih. Hasilnya akan membuat kulit lebih bersih dan cerah.

4. Eksfoliasi

10 Hal yang Diakrabi Pasutri Baru Ini, Gak Bakal Dipahami Sama Jomblo
Elegan, Ini 19 Seragam Bridesmaids Terbaik yang Bisa Ditiru
Bikin Wajah Flawless, 5 Tips Color Corrector Ini Harus Kamu Tahu
Bagi perempuan Rusia, eksfoliasi adalah hal yang sangat penting. Cara ini berguna untuk membantu menjaga kebersihan kulit baik wajah atau tubuh, agar tidak terlihat kusam akibat penumpukan sel kulit mati.

Tidak perlu membeli produk skincare  manapun, karena mereka terbiasa membuat sendiri di rumah.Cukup dengan mencampurkan garam dan minyak zaitun. Kedua bahan itu dioleskan ke permukaan tubuh untuk menghilangkan kotoran dan sel kulit mati. Hasilnya kulit akan tetap lembab.

Cara lain, perempuan Rusia terbiasa menggunakan ampas kopi untuk digosokkan ke permukaan kulit. Efek yang dihasilkan adalah hilangnya bau badan dan kulit tampak lebih cerah. Terbukti, sekarang mulai banyak tempat perawatan tubuh yang menggunakan kopi sebagai scrub.

5. Perawatan rambut

Rambut panjang dan tebal menjadi kriteria rambut sehat bagi perempuan Rusia. Untuk menjaganya, mereka rutin mengoleskan mustard (minyak mustard) setelah keramas sebagai conditioner. Hal ini akan membuat rambut tetap berkilau.

6. Perawatan kuku

Perawatan kuku selalu menjadi fokus perempuan Rusia. Mereka menggunakan minyak zaitun atau lemon yang diusapkan ke kuku tangan dan kaki. Setelah itu didiamkan selama kurang lebih 10 menit. Terakhir dibilas dengan air bersih.

7. Mandi rempah

Orang Rusia memiliki kebiasaan menjaga kecantikan dengan mandi rempah. Hal inilah yang akan membuat kulit menjadi sehat. Selain itu, manfaat dari rempah, untuk membantu proses detoksifikasi dalam tubuh. Mereka biasa menggunakan rempah-rempah seperti maple, eucalyptus dan oak.

Rempah-rempah tersebut akan membantu proses detoksifikasi, supaya racun di dalam tubuh keluar melalui pori-pori kulit. Aneka rempah lainnya juga biasa mereka gunakan sebagai masker rambut.

8. Rutin mengonsumsi sayuran

Marlina Lia,  SH