Rutin Gelar Arisan, DWP Sanggau Gandeng Dinas Perindagkop Sosialisasi UMKM

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Rutin Gelar Arisan, DWP Sanggau Gandeng Dinas Perindagkop Sosialisasi UMKM

Laporan: Marlina Lia, SH

SANGGAU - Arisan adalah salah satu kegiatan Rutin Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Sanggau yang saat ini dilaksanakan dikantor Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Senin (17/9/2018).

Narasumber Drs Gusti Zulmainis, dengan materi  Pelayanan Perizinan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Dasar Hukum Undang-Undang No.20 Tahun 2008 tentang usaha mikro, kecil dan menengah. Peraturan presiden No.98 Tahun 2014 tentang Peizinan untuk usaha mikro dan kecil.

Peraturan Menteri dalam negeri No.83 Tahun 2014 Pedoman Perizinan untuk Usaha Mikro dan Kecil. Peraturan Bupati Nomor 30 Tahun 2016 tentang Pedelegasian Kewenangan Pelaksanaan izin Usaha Mikro dan kecil kepada camat. 

Usaha Mikro, Usaha produktif milik orang perorangan atau badan usaha perorangan yang memenuhi kriteria usaha Mikro.     
   
Usaha Menengah, Usaha Ekonomi produktif yang berdiri sendiri yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha yang bukan cabang perusahaan yang dimiliki,dikuasai atau menjadi bagian baik langsung ataupun tidak langsung dari usaha kecil atau usaha besar.     
Usaha Kecil : Usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau bukan cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai atau menjadi bagian baik langsung ataupun tidak dari usaha menengah atau usaha besar.

Ukuran usaha mikro Asset maksimal 50 juta, omset maksimal 300 juta. Usaha Kecil > 50 - 500 juta, maksimal  Rp. 300 juta.

Usaha Menengah, 500 juta, 10 miliyar, 2,5 - 50 miliyar. Persyaratan untuk IUMK. Surat pengantar dari RT atau RW terkait lokasi usaha. Kartu tanda penduduk. Kartu keluarga. Pas photo terbaru berwarna ukuran 4x6 sebanyak dua lembar. Mengisi formulir yang memuat tentang nama, Nomor KTP dan nomor telpon.