Diinisiatif Kapolsek Serawai Rahmad Kartono, Kopwas Terbentuk

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Diinisiatif Kapolsek Serawai Rahmad Kartono, Kopwas Terbentuk

SERAWAI - Terkait maraknya pencurian sarang burung walet, Kapolsek Serawai Ipda Rahmad Kartono, SH, MH berinisiatif mengumpulkan para pembudidaya walet untuk membentuk komunitas petani wallet, Senin (22/10/2018).

"Bangunan wallet dikecamatan Serawai bukan merupakan hal yang asing karena sebagian warga beralih profesi yang awalnya dari penambang emas menjadi petani wallet," ungkapnya.

Dalam pertemuan tersebut Kapolsek Serawai menghimbau kepada para pemilik gedung untuk membentuk komunitas dengan tujuan agar memudahkan para petani lainnya apabila ada permasalahan, baik itu masalah hukum atau masalah yang berkaitan dengan masalah bangunan wallet yang sudah lama namun tidak masuk burung.

"Dengan terbentuknya komunitas petani wallet akan memudahkan para petani untuk berkomunikasi sesama petani, baik itu menjual sarang atau apabila adanya permasalahan" ujar kapolsek serawai

Dalam acara tersebut para petani wallet sepakat untuk membentuk komunitas wallet dengan nama Komunitas Petani Wallet Serawai (KOPWAS) dan ditunjuk Masnaini (45), warga desa Nanga Serawai sekaligus ketua organisasi petani walet serawai mengatakan, hasil dari bertani walet untungnya lumayan disaat ekonomi kecamatan serawai yang sedang lesuh.

"Hasilnya lumayan besar setiap bulannya, jika sudah lama bisnis ini saya yakin omzetnya lebih banyak lagi," ujar Naini.

Untuk itu dia mengucapkan terima kasih kepada Kapolsek Serawai Ipda Rahmad Kartono, SH, MH yang memfasilisasi terbentuknya KOPWAS dan ia akan menjadikan organisasi ini bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

"Saya bersama teman teman petani wallet serawai bekerja sama dengan Polsek Serawai untuk terus berupaya saling bantu menjaga kamtibmas sehingga tidak adalagi bangunan wallet yang dijebol maling", ucapnya.

Pada kesempatan itu pula Kapolsek Serawai memaparkan jalin komunikasi yang baik antara petani wallet dengan pihak kepolisian.

"Usaha sarang walet ini memang sangat menjanjikan, namun akan lebih baik jika kita tidak tinggi diri dan menjadi sombong. Oleh karena itu komunikasikan jika mendapat masalah di dalam usaha sarang walet ini," paparnya.