JANJI JAGA HARKAMTIBMAS BERSAMA, KAPOLSEK SERAWAI (SINTANG) DAN KAPOLSEK MENUKUNG (MELAWI) JALIN KOMUNIKASI

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

JANJI JAGA HARKAMTIBMAS BERSAMA, KAPOLSEK SERAWAI (SINTANG) DAN KAPOLSEK MENUKUNG (MELAWI) JALIN KOMUNIKASI


SERAWAI - Perbedaan Kabupaten atau Polres bukan merupakan pembeda antara sesama penegak hukum, hal tersebut dibuktikan oleh Ipda Rahmad Kartono SH, MH selaku Kapolsek Serawai Polres Sintang dengan Ipda Bhakti Juni Ardhi selaku Kapolsek Menukung Polres Melawi untuk tetap menjalin Komunikasi selaku aparatur negara penegak hukum untuk menjaga Harkamtibmas di wilayah kecamatannya masing-masing, dimana daerah keduanya merupakan kecamatan yang berbatasan langsung / tetangga kecamatan.

Hal tersebut dibuktikan dengan kunjungan yang dilakukan oleh Kapolsek Menukung berserta rombongan Forkopimcamnya ke Polsek Serawai, dalam kunjungan tersebut selain untuk mempererat silahturahmi antara kedua Polsek yang berbatasan wilayah hukum tersebut walau Beda Polres / Kabupaten, namun keduanya bertekat untuk bersama-sama menjaga wilayah hukum Serawai - Menukung tambah Kondusif.

Kapolsek Serawai mengatakan bahwa banyak masalah hukum diperbatasan wilayah yang dibicarakan oleh keduanya, terlebih apabila ada kejadian yang bersifat urgen disalah satu Polsek keduanya bersepakat untuk saling backup.
"Jarak tempuh antara Polres dengan Polsek Serawai sangat jauh, dan memerlukan waktu yang cukup lama dan Polsek Menukung adalah jarak kantor Polisi yang terdekat dengan Polsek Serawai sehingga perlu adanya kerjasama diantara sesama penegak hukum" ujar Kapolsek Serawai

Apabila dilihat karakteristik kerawanan wilayah dan potensi konflik kedua wilayah ini memiliki persamaan permasalahan serta adat istiadat kebiasaan warganya.

Wujud komunikasi yang terjalin diantara keduanya, selain untuk menjaga harkamtibmas, keduanya juga akan secara bergiliran mengirimkan personilnya dalam melakukan pertandingan olahraga bersama seperti Badminton dan tenis meja, serta patroli bersama, sehingga keharmonisan didua Polsek ini (Serawai dan Menukung) terjalin harmonis. (rk)