Sinergisitas Stakeholder Dalam Peningkatan Kualitas PAUD

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Sinergisitas Stakeholder Dalam Peningkatan Kualitas PAUD

SANGGAU - Meningkatkan rasa kesadaran masyarakat pentingnya kebersihan dan meningkatkan sumber daya manusia, Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP, M.Si menegaskan agar perangkat Kecamatan sampai ke tingkat Dusun melaksanakan program wajib belajar dan program kebersihan yang dirangkum melalui tujuh point hasil Beraupm Bekudong (Bertemu/Bermusyawarah) tahun 2018 yang sudah disepakati, diantaranya 'Gerakan satu Dusun Satu PAUD'.

Tidak ada alasan untuk tidak melaksanakan bagi desa yang terletak di pelosok jauh dari perkotaan.

Membangun fisik tidak sulit asal ada anggaran pasti bisa, dan hasilnya berwujud. Tidak seperti membangun sumber daya manusia yang tidak berwujud, dan apakah ini sudah dilaksanakan atau belum.

"Perubahannya tidak seperti jalan yang sudah diperbaiki atau masih rusak. Saya sadari ini sulit, namun jika program ini berjalan dengan baik, hasilnya bukan untuk saya sebagai Bupati, bukan juga untuk Camat, Kades, atau Kadus, tapi ini harus jadi kebutuhan untuk mencapai generasi muda Sanggau yang berkualitas, " tegas Bupati Sanggau saat berdiskusi dengan 682 orang peserta Beraupm Bekudong di Balai Batomu Sanggau, Senin (15/10/18).

Pada kegiatan yang mengusung tema 'Sinergisitas Stakeholder Dalam Peningkatan Kualitas PAUD di Kabupaten Sanggau' ini, Bupati Sanggau minta, agar para Camat, Kades, maupun Kadus se-Kabupaten Sanggau bisa berinovasi melaksanakan pengawasan anak-anak dalam belajar diluar waktu sekolah, menyesuaikan kondisi di daerahnya masing-masing.

"Program ini akan dievaluasi setiap tahunnya, dan saya akan mengecek hasilnya, setidaknya ada progress sebagai bahan perbandingan dari sebelumnya. Disini kita bisa menilai kinerja kita, apakah serius atau tidak kita berkerja," kata Bupati Sanggau.

Adapun hasil Beraupm Bekudong yang disepakati untuk dilaksanakan adalah:
(1). Gerakan satu Dusun satu PAUD, serta dukungan dana.
(2). Peningkatan jumlah Dasawisma, yang ditargetkan kedepan ada 5057 kelompok Dasawisma.
(3). Optimalisasi Data Desa terintregasi dalam website www.sanggau.go.id
(4). Memastikan hak masyarakat atas tanah di setiap Dusun/RT.
(5). Memastikan /mendorong pengakuan terhadap masyarakat hukum adat sebagai implemantasi Perda No. 1 tahun 2017.
(6). Komitmen Desa untuk menjamin dan menjaga Pilpres dan Pileg tahun 2019.
(7). Rekomendasi Beraupm Bekudong ditahun 2017, terdiri dari 5 rekomendasi ditahun 2016 dan rekomendasi di tahun 2017.
Bupati Sanggau Paolus Hadi