Paolus Hadi : Terapkan IKM Berbasis Digital

Iklan Semua Halaman

Betang Raya Post - Suluh Perjuangan Rakyat Kalimantan

Paolus Hadi : Terapkan IKM Berbasis Digital

Sumber: Humpro Pemda Sanggau

MELIAU - Bupati Sanggau Paolus Hadi menghadiri kegiatan Program Pengembangan Kapasitas Usaha dan Pengukuhan Klasterisasi Usaha Perkebunan Kelapa Sawit di Desa Kuala Boyan Dusun Kayu Ara Kecamatan Meliau (9/10/2018).

Kabupaten Sanggau sudah memiliki sistem pembinaan untuk pengembangan (Industri Kecil Menengah) IKM berbasis digital yang mengelola mulai dari pembinaan pelaku usaha, pemasaran produk, sampai ke bantuan usaha. Sistem yang dinamai DABETULKA itu dirancang dan dikelola oleh Dinas Deperindagkop dan Usaha Mikro Kabupaten Sanggau. Dengan adanya sistem itu, perkembangan IKM di Kabupaten Sanggau bisa lebih terkontrol.

"Pengusaha juga harus ikuti perkembangan teknologi. Cukup dengan satu kartu keanggotan, keberadaan IKM secara legal sudah diakui Pemerintah. Ada 46 anggota yang terdata sudah menggunakan sistem ini, dan itu harus bertambah. Selain untuk mengembangkan ekonomi kerakyatan, IKM yang ada di Kabupaten Sanggau ditargetkan bisa menjadi jawaban untuk mengurangi jumlah pengangguran,” kata Bupati Sanggau saat menyampaikan arahannya.

Bupati Sanggau mengatakan, Pemerintah siap mendukung untuk mengembangkan IKM yang serius. Bupati Sanggau juga menyarankan agar para IKM berkonsultasi dengan Dinas Perindagkop, termasuk IKM yang ada di Dusun Kayu Ara. Namun, bantuan yang diberikan Pemerintah sangat terbatas, sehingga diperlukan dukungan dari pihak lain.

"Saya selaku Kepala Daerah sangat mengapresiasi PT. PNM yang bersedia mensupport IKM kita disini, jika hanya mengharap Pemkab tentunya tidak akan mampu menangani semua dengan anggaran yang terbatas. Bersyukur selama ini kita terbantu dengan teman-teman perusahaan yang ada disini. Dan jika tidak bertentangan dengan aturan, kita adakan MoU Perusahaan, dengan Pemerintah untuk mendukung hal ini, supaya masing - masing punya peran, " kata Bupati Sanggau.


Foto Humpro Pemda Sanggau